Foto: Pasukan Ukraina Berlatih Perang Kota di Kota Hantu Chernobyl

Jakarta: Tembakan senapan mesin bergema di gedung-gedung di kota hantu Pripyat, dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, Jumat, 4 Februari 2022 waktu setempat, ketika pasukan Garda Nasional Ukraina menggelar latihan pertempuran perkotaan.

Latihan tembakan langsung – yang dilakukan di salah satu tempat paling radioaktif di bumi – datang ketika peringatan atas potensi invasi Rusia semakin dekat.

Moskow telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di sepanjang perbatasan Ukraina — termasuk mengerahkan personel ke Belarus, yang terletak hanya 10 kilometer (enam mil) ke utara untuk latihan bersama.

Bagi pasukan Ukraina, jalan-jalan yang sepi dan blok apartemen Pripyat – kosong sejak penduduk dievakuasi setelah bencana reaktor nuklir pada 1986 – menjadi tempat latihan yang ideal.

Pasukan dalam kamuflase musim dingin berlatih membersihkan penyerang bersenjata dari gedung-gedung, menembakkan mortir yang ditargetkan, dan menghadapi penembak jitu dalam kondisi perkotaan.

Sementara pekerja layanan darurat melakukan evakuasi – seorang pembicara di pesawat tak berawak memberitahu penduduk untuk membersihkan – dan memerangi kebakaran yang disebabkan oleh pertempuran.

“Karena tidak ada warga sipil di sekitar sini, kami dapat melakukan latihan dengan amunisi asli dalam situasi sedekat mungkin dengan perang kota yang sebenarnya,” kata seorang prajurit Garda Nasional, yang hanya memberikan tanda panggilannya, Litva.

Tetapi melakukan latihan di dalam zona eksklusi memiliki risikonya sendiri. 

Menjelang pelatihan — yang pertama diadakan di Pripyat — para pekerja dengan penghitung Geiger harus memindai rute untuk memastikan tidak ada titik api radioaktif.

“Semuanya sudah diperiksa dan tidak ada bahaya,” kata Litva percaya diri sambil mencengkeram senapan otomatisnya di dadanya. AFP PHOTO/Sergei Supinsky

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.