Ditopang Belanja Akhir Tahun, Penjualan Ritel Singapura Melonjak 11,1% di 2021

Singapura: Penjualan ritel di Singapura tercatat 11,1 persen secara tahun ke tahun (YoY) pada 2021, membalikkan penurunan 15,3 persen di tahun sebelumnya dan menghentikan penurunan beruntun tiga tahun. Kondisi itu diharapkan berdampak positif terhadap menggeliatnya perekonomian.
 
Mengutip The Business Times, Sabtu, 5 Februari 2022, pertumbuhan setahun penuh didukung oleh peningkatan tahunan di segmen-segmen bebas seperti kendaraan bermotor, pakaian dan sepatu, jam tangan dan perhiasan, dan barang-barang rekreasi.
 
Tidak termasuk kendaraan bermotor, penjualan ritel naik 10,5 persen untuk tahun ini. Kebangkitan ini dibantu oleh belanja akhir tahun, karena penjualan ritel meningkat 6,7 persen YoY di Desember, naik dari kenaikan 2,2 persen di bulan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertumbuhan, yang mengalahkan perkiraan median 4,6 persen dalam jajak pendapat, datang dari permintaan berbasis luas dari pembeli dan harga pompa yang lebih tinggi untuk pompa bensin. Pada basis bulanan, penyesuaian musiman, penjualan meningkat 2,3 persen, menurut angka dari Departemen Statistik (SingStat).
 
Hingga total penerimaan mencapai 4,4 miliar dolar Singapura, dengan penjualan daring mencapai 14,6 persen. Tidak termasuk kendaraan bermotor, penjualan ritel tumbuh sebesar 8,6 persen YoY, atau dua persen pada basis bulanan yang disesuaikan secara musiman.
 
Sebagian besar segmen ritel mencatat ekspansi untuk Desember, kecuali minimarket dan toko serba ada; kendaraan bermotor; barang optik dan buku; dan lain-lain. Sementara itu, penjualan jasa makanan dan minuman tumbuh sebesar 3,9 persen untuk setahun penuh.
 
Selama periode perayaan, penjualan layanan makanan dan minuman naik pada Desember sebesar 7,4 persen YoY menjadi 855 juta dolar Singapura, dengan penjualan daring mencapai 28,6 persen. Penerimaan meningkat sebesar 11,7 persen pada basis bulanan yang disesuaikan secara musiman, yang oleh SingStat dikaitkan dengan basis yang lebih rendah pada November.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.