Cara Menambahkan Bot di Discord, Mudah Ternyata

Cara menambahkan bot di Discord sebenarnya tidak rumit. Tujuan dari langkah itu adalah supaya server Discord yang digunakan menjadi makin unik dan mengasyikkan. Bot sendiri pengertiannya adalah perangkat lunak dengan kerja otomatis dimana ia bisa diajak melakukan chat sebagaimana orang lain menjawab chat. Ada bot dengan fungsi memutar lagu, game, dll.

Perangkat lunak berukuran kecil tersebut langsung menjalankan pekerjaannya ketika ada yang meminta melakukannya. Apabila pengguna menjalankan bot di Discord, server yang diakses bersama-sama itu tentu makin asyik dan menyenangkan saat digunakan. Nah, untuk yang belum paham, berikut cara menambahkan bot di Discord.

Apabila hendak memasukkan bot di server Discord, syaratnya pengguna wajib mengaktifkan administrator server tersebut. Bila pengguna tak punya server sendiri, hendaknya menanyakannya ke pemilik lebih dulu sebelum memasukkan program tertentu.

Bagi yang belum tahu, Discord adalah aplikasi berbagi pesan berupa file audio maupun chat. Platform yang satu ini rilis pertama kali tahun 2015 namun kini diandalkan  sebagai pilihan tempat banyak komunitas saling berkomunikasi.

Discord seringnya dimanfaatkan para gamers dalam berkomunikasi dengan pemain lain ketika bermain, bisa juga untuk membuat perjanjian. Discord tidak cuma menawarkan layanan chat atau pesan tulisan, namun termasuk juga pesan suara serta video. Meski begitu, pengguna pun dapat menggunakan berbagai jenis bot agar dapat melengkapi keseruan di komunitas Discord.

Discord saat ini dapat digambarkan sebagai aplikasi berfitur komunikasi pesan suara dengan kualitas tinggi serta latensi-nya yang rendah. Wajar jika Discord makin banyak digunakan bukan hanya para gamers, namun juga streamer, podcaster, youtuber, dan beragam lainnya. Platform yang telah support aplikasi Discord pun kian banyak diantaranya Reddit, Twitch, Steam, Facebook, Spotify, XBOX Live, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat server di Discord, langkahnya simpel. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi Discord, selanjutnya jalankan. Dari layar utama, ketuk tombol “Add a Server” dengan tanda “+” warna hijau di sisi kiri layar. Selanjutnya akan ditampilkan menu “Create a Server” untuk menyiapkan server dari awal atau membangun server sesuai template yang ditawarkan Discord. Disediakan berbagai pilihan server untuk pengguna baru, gunakan server yang diperlukan. Selanjutnya ditampilkan “Customize Your Server” dimana pengguna dapat memasukkan foto atau mengubah nama server. Apabila sudah merasa yakin, ketuk tombol “Create”.

Sementara Bot Discord menawarkan bermacam macam fitur berbeda, diantaranya game multiplayer sampai memutar musik. Boleh jadi beberapa dari pengguna Discord belum begitu paham bagaimana cara menambahkan bot di Discord. Karenanya berikut panduan menambahkan dan mengundang bot dalam komunitas Discord memanfaatkan layanan dari website bot Discord.

  • Pertama sekali yang harus dilakukan yaitu membuka link website Discord Bot yaitu https://discordbots.org/
  • Saat laman utama website itu terbuka, pengguna ditampilkan banyak pilihan bot. Pengguna dapat menemukan bot sesuai dengan kategori diantaranya game, music, economy, social, dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang kesulitan memilih, pun ada daftar bot terpopuler yang dipilih para pengguna di Discord.
  • Sesudah menemukan Bot yang dicari, pengguna dapat mengklik tombol Invite yang ada di sebelah tombol View.
  • Selanjutnya pengguna dapat menentukan server yang dikehendaki, selanjutnya tekan tombol Authorize.
  • Pengguna pun harus mengetikkan kode Captcha yang ditampilkan untuk memproses permintaan.
  • Bilamana langkah sebelumnya sudah dilakukan, itu artinya bot yang diambil telah masuk server Discord sehingga dapat langsung difungsikan.

Tidak rumit kan cara menambahkan bot di Discord? Langkah tersebut juga bisa digunakan untuk pengguna yang hendak memasukkan jenis bot lain ke server yang sama. Silahkan dicoba dan nikmati keseruan bermain Discord dengan teman-teman.

User Review

( votes)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.