Cara Memasang Roof Box Agar Tetap Aman Saat Berkendara

Suara.com – Pemasangan roox box di atap mobil sering memicu perbincangan karena ada yang menilai langkah itu melanggar rancangan teknis kendaraan dan menyalahi peruntukannya. Selain itu, bertambahnya berat keseluruhan dari roof box turut dianggap mempengaruhi daya angkut kendaraan karena bobot yang bertambah.

Padahal, pemasangan roof box bakal membuat ruang kabin lebih lega lantaran barang bawaan bisa disimpan di situ, termasuk jauh lebih aman ketimbang hanya mengikat barang di atap mobil. Kepolisian juga sudah memastikan bahwa pemasangan roof box bukan pelanggaran lalu lintas sepanjang ukuran dan dimensinya normal dan wajar.

Berikut tips dari Auto2000 untuk memasang roof box yang aman dan nyaman ketika mengemudi di jalan.

Pastikan Mobil Memiliki Roof Rail

Baca Juga: Publik perlu Tahu! Mobil Pasang Roof Box Bisa Ditilang, Begini Penjelasannya

Roof box tidak bisa diletakkan begitu saja di atap mobil karena dapat merusak serta tidak memiliki pegangan yang kuat. Untuk itu dibutuhkan roof rail berupa rel membujur tempat memasang roof rack sebagai tempat meletakkan roof box.

Pasang Roof Rack sebagai Dudukan Roof Box

Roof rack merupakan struktur alas sebagai dudukan roof box. Bisa saja meletakkan barang bawaan langsung di atas roof rack, tapi tidak direkomendasikan karena barang dapat terlepas sehingga berbahaya di jalan.

Pilih roof rack yang kokoh dan memiliki dudukan yang kuat serta mudah dibongkar-pasang. Termasuk sanggup menopang roof box di atasnya serta ukurannya tidak melewati lebar bodi mobil karena mengganggu secara estetika dan safety.

Pilih Roof Box Sesuai Kebutuhan

Baca Juga: Mercedes-AMG Siapkan Roof Box Khusus, Apakah Kelebihannya?

Sebagai tempat menyimpan barang, pilih roof box sesuai kebutuhan dengan kapasitas yang memadai tapi tidak terlalu besar karena dapat mempengaruhi aerodinamika dan titik keseimbangan mobil. Pilih material roof box yang berkualitas tapi tidak terlalu berat untuk menjaga bobot total mobil, apalagi kalau ternyata mobil juga diisi penuh oleh penumpang.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.