Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Jadi Bekal SIS Jajaki Pasar Mobil Listrik Indonesia

Suara.com – PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan pihaknya sudah belajar banyak soal pasar mobil listrik Indonesia, terutama yang berbesin hybrid, berkat Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang diluncurkan pada 2017 lalu di Tanah Air.

Suzuki menghadirkan Ertiga Diesel Hybrid (mild hybrid) bermesin D13A 1.300cc DOHC, Diesel Direct Injection System (DDiS), dengan penerapan Integrated Starter Generator (ISG) yang memiliki dua fungsi, menyimpan energi ke baterai dan memberikan daya tambahan ke mesin.

Head of 4Wheel Brand Development & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, mengatakan ada dua pelajaran yang diraih Suzuki dari Ertiga Diesel Hybrid. Pertama adalah segmen konsumen yang terbagi antara peminat mesin diesel dengan mesin hybrid, dan kedua adalah perlunya edukasi konsumen terkait fitur mobil hybrid.

“Kami pelajari market. Karena untuk Ertiga Diesel sudah dipelajari, pertama konsumen terbagi antara yang beli untuk diesel atau untuk hybrid-nya,” kata Harold, Kamis (3/2/2022) malam di Jakarta.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Hybrid Akan Diproduksi di Indonesia

“Kedua, teknologi yang disematkan kala itu perlu edukasi market, misalnya idle start/stop system saat tombol menyala, pengemudi harus memakai seatbelt, pintu-pintu dan kap mesin tertutup rapat dan lain-lain,” kata dia.

Menurut Harold, hal-hal tersebut telah menjadi pertimbangan bagi Suzuki untuk menyiapkan produk bermesin hybrid di Indonesia, baik itu berbahan bakar bensin atau solar.

Hybrid pada Suzuki Ertiga merupakan mild hybrid yang berfungsi menambah efisiensi bahan bakar, sebab mesin dapat mengisi baterai yang dibantu teknologi Integrated Starter Generator (ISG).

ISG merupakan otak yang mengompresi dan mengatur kendaraan menjadi irit ditopang motor listrik yang didukung baterai 70Ah. ISG memiliki dua fungsi, pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke baterai saat kendaraan deselerasi (perlambatan) dan, kedua motor akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Pada November 2021, Shodiq Wicaksono selaku Managing Director Suzuki Indonesia mengatakan Suzuki sedang menyiapkan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Namun dia tidak menjelaskan jenis kendaraan yang dimaksud, apakah Ertiga, XL7 atau model yang sepenuhnya baru.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Suzuki Ertiga Diesel Tak Lagi Ditawarkan

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” kata dia. [Antara]

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.