Rem Tangan Toyota Calya Mengalami Macet? Ini Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Suara.com – Fungsi utama dari rem tangan adalah untuk keselamatan bersama. Saat peranti ini mengalami macet, tentu menyebalkan, dan membahayakan karena rem berguna untuk mengurangi kecepatan laju, atau membuat mobil diam saat parkir.

Rem tangan atau rem parkir digunakan saat mobil terparkir untuk menjaga kendaraan agar tidak bergerak dengan sendirinya.

Seiring penggunaannya, kadang akan timbul beberapa permasalahan pada rem tangan. Termasuk yang bisa terjadi pada Toyota Calya.

Toyota Calya Facelift. (Facebook)
Toyota Calya, sebagai ilustrasi (Facebook)

Apakah yang biasanya memicu rem tangan Calya macet atau tersendat saat ditarik dan diturunkan?

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Bagikan Pesan Kepada Para Suami Pencinta Otomotif

Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Jawa Barat, Primaghany mengatakan bahwa rem tangan Calya yang macet dapat disebabkan beberapa hal.

Antara lain keausan pada kabel penghubung tuas rem tangan ke komponen rem di sekitar roda.

Hal lain yang dapat menyebabkan rem tangan macet adalah problem pada komponen rem, dalam hal ini brake shoe yang menempel terlalu erat pada tromol atau lengket.

Berikut beberapa penyebab mengapa rem tangan mobil bisa macet:

Terlalu Kuat Ketika Menarik Tuas Rem Tangan

Baca Juga: Ada Diskon Mobil Baru PPnBM DTP 2022? Ini Perkiraan Model yang Bisa Dipinang

Terlalu kuat ketika menarik tuas rem tangan melebihi kekuatan topang gerigi di dalamnya merupakan salah satu penyebab utama mengapa rem tangan bisa macet. Jika pengguna menariknya secara perlahan, maka rem tangan tidak akan mengalami masalah seperti ini.

Tidak Bisa Dikembalikan Setelah Ditarik

Penyebab rem tangan mobil macet selanjutnya adalah karena tuas rem tangan mobil setelah ditarik tidak bisa kembali lagi.

Jika pengemudi mobil adalah seseorang yang tidak memahami mekanisme kerjanya, maka tentu saja mereka akan panik ketika ini terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi penyebab rem tangan mobil macet.

“Dampak negatif yang ditimbulkan akibat macetnya rem tangan dapat dilihat pada 2 kondisi. Saat rem tangan aktif dan macet tidak bisa diturunkan tentu saja menyebabkan kendaraan tidak bisa berjalan. Kondisi lainnya saat rem tangan tidak aktif lalu macet, hal ini bisa menyebabkan kita kesulitan berkendara pada kondisi jalan tanjakan yang ramai dan jalan berpotensi macet,” terang Primaghany.

Cara Mengatasi Rem Tangan Macet

Untuk menangani masalah rem tangan mobil, termasuk Toyota Calya yang macet seperti ini, Primaghany membagikan tips untuk penanganan pertama atau sementara jika hal tersebut terjadi.

“Penanganan yang dapat kita lakukan dalam kondisi rem tangan macet, bisa mencoba menjalankan kendaraan dengan agak dientak, harapannya komponen rem yang menempel dapat terlepas dengan adanya entakan yang diciptakan tadi.

Menarik Rem Tangan Secara Perlahan

Jika penyebab rem tangan mobil macet karena terlalu kuat ketika menarik tuas rem tersebut, maka solusi untuk mengatasinya adalah harus menarik tuas secara perlahan ke bagian depan. Jangan terlalu kuat ketika menarik tuas rem tangan agar rem tangan mobil tidak macet.

Mengembalikan Tuas Rem Tangan yang Tidak Bisa Ditarik

Untuk mengembalikan rem tangan yang tidak bisa ditarik adalah menggunakan tenaga ekstra. Pengguna harus mengangkat tuas rem dengan sedikit lebih kuat, dan harus cepat ketika menurunkan tuas rem tersebut. Dengan cara ini rem tangan akan kembali normal seperti semula.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.