Ganti Aki Yamaha Fazzio Hybrid – Connected Ternyata Tidak Boleh Sembarangan

Suara.com – Sepeda motor matik atau transmisi otomatis Yamaha, yakni Yamaha Fazzio Hybrid – Connected memiliki sistem hybrid yang menggunakan dua komponen utama yakni aki dan Smart Motor Generator (SMG).

Aki atau baterai yang terdapat di Yamaha Fazzio akan membantu SMG untuk memberikan tenaga tambahan ke mesin saat berakselerasi dari kondisi berhenti selama tiga detik.

Apakah penggunaan atau pemilihan aki di luar spesifikasi akan memengaruhi sistem kerja hybrid pada Yamaha Fazzio?

Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Aji Handoko mengatakan, aki pada Yamaha Fazzio memang lebih besar, sama dengan Yamaha R15 dengan spesifikasi 5,3 ampere.

Baca Juga: Yamaha Tunggu Lampu Hijau untuk Ekspor Fazzio Hybrid – Connected

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected adalah skuter matik yang memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Yamaha Fazzio Hybrid – Connected adalah skuter matik yang memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

“Kalau aki dipasang dengan ampere yang lebih rendah akan berpengaruh. Paling masalah pada dimensinya masuk atau tidak,” ujar Aji Handoko, di Bogor, baru-baru ini.

Ia menambahkan, selama dimensinya sama, menggunakan aki yang lebih besar sebenarnya lebih bagus.

“Kalau pakai yang lebih kecil pasti performanya akan berkurang,” terang Aji.

Namun demikian, berdasarkan hasil uji internal Yamaha, usia baterai dari Yamaha Fazzio masih normal-normal saja atau sama dengan penggunaan motor lain.

Sebagai informasi, Yamaha Fazzio sendiri menggunakan aki merek Yuasa YTZ6V dengan kode part BN1-H2100-00. Untuk melakukan penggantian, konsumen harus merogoh kocek sebesar Rp 280 ribu.

Baca Juga: Respon Honda Soal Yamaha Fazzio Hybrid – Connected Bergaya Klasik Mirip Scoopy

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.