Akan Berkendaraan Lewat Simpang Tugu Jam Jakarta Pusat? Simak Ada Rekayasa Lalu Lintas

Suara.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Simpang Tugu Jam, di Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Dikutip dari kantor berita Antara, rekayasa lalu lintas ini dilakukan sehubungan pekerjaan lanjutan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 CP-201.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis (3/2/2022) menjelaskan, untuk menunjang pekerjaan ini akan dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai tahapan konstruksi.

Peta rekayasa lalu lintas di Simpang Tugu Jam, Jakarta, Kamis (3/2/2022) [ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta].
Peta rekayasa lalu lintas di Simpang Tugu Jam, Jakarta, Kamis (3/2/2022) [ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta].

Adapun tahapan konstruksi itu yakni pertama di stage 1-38 sisi Timur segmen Selatan Tugu Jam dengan jenis pekerjaan untuk perbaikan stabilitas tanah dan konstruksi dinding diafragma sisi Timur.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Bagikan Pesan Kepada Para Suami Pencinta Otomotif

Kemudian, pekerjaan instalasi kolom penopang sementara, pekerjaan konstruksi dek dan galian Stasiun Thamrin MRT.

Untuk pelaksanaan waktu pekerjaan stage 1-38 sisi timur itu berlangsung 5 Februari – 3 April 2022.

Lalu lintas dari arah Barat (Tanah Abang) menuju arah Timur (Senen) masih dapat melewati simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam.

Kedua, di stage 1-3C sisi Timur segmen Utara Tugu Jam dengan jenis pekerjaan untuk metode perbaikan stabilitas tanah, konstruksi dinding diafragma sisi Timur, instalasi kolom penopang sementara, pekerjaan konstruksi dek dan galian stasiun Thamrin MRT.

Waktu pekerjaan untuk stage ini dimulai 4 April 2022 sampai dengan 31 Mei 2022 dan lalu lintas dari arah Barat (Tanah Abang) menuju arah Timur (Senen) dialihkan melalui sisi Selatan Tugu Jam simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin.

Baca Juga: Kembangkan Industri Pariwisata Otomotif, Kemenparekraf Bekerja Sama dengan IMI

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan ini dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan.

Selama pekerjaan berlangsung akan dilakukan pengalihan lalu lintas, yaitu:

a. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Kebon Sirih yang menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri berputar di Bundaran Hotel Indonesia.

b. Lalu lintas dari arah Timur Jalan Medan Merdeka Selatan yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

c. Lalu lintas dari arah Timur Jalan KH. Wahid Hasyim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan M. Thamrin Tugu Jam dialihkan lurus melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

d. Lalu lintas dari arah Selatan Jalan H Agus Salim yang akan menuju ke arah Barat (Tanah Abang) yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan belok kiri melalui KH Wahid Hasyim dan seterusnya.

e. Rute Angkutan TransJakarta 5M Terminal Kampung Melayu – Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

f. Rute Angkutan TransJakarta 1R Terminal Senen-Tanah Abang yang semula melintasi simpang Jalan Kebon Sirih – Jalan MH Thamrin Tugu Jam dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Adapun Shimizu – Adhi Karya Joint Venture selaku pelaksana pekerjaan konstruksi MRT Fase 2 CP-201 bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan keamanan pengguna jalan (baik kendaraan bermotor dan pejalan kaki di lokasi pekerjaan).

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.