Tips Hindari Kaca Mobil Berjamur saat Musim Hujan

Suara.com – Musim hujan seperti saat ini biasanya mempengaruhi kenyamanan berkendara, terutama pada bagian yang berkaitan dengan visibilitas, seperti kaca mobil.

Kebersihan kaca mobil sangat penting untuk diperhatikan, disarankan terbebas dari kotoran dan jamur agar tidak mengganggu jarak pandang.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, munculnya jamur pada kaca mobil disebabkan air yang menempel pada kaca dan kemudian mengering dengan sendirinya setelah terkena panas atau sinar matahari, sehingga akan berbekas seperti kerak menempel.

Kondisi yang kurang menyenangkan tersebut dapat diketahui dan dihindari melalui beberapa tips yang mudah dilakukan, antara lain:

Baca Juga: Tips Aman Hilangkan Stiker Kaca Mobil Tanpa Tinggalkan Bekas

1. Kondisi kaca mobil berjamur mudah diketahui pada malam hari

Pengendara harus memastikan bahwa kaca mobil dalam keadaan bersih jika ingin mengidentifikasi tanda-tanda adanya jamur pada kaca mobil.

Ilustrasi menyetir mobil saat malam hari. [Takahiro Sakamoto/Unsplash]
Ilustrasi menyetir mobil saat malam hari. [Takahiro Sakamoto/Unsplash]

Apabila jarak pandang pengendara saat melihat objek lain pada malam hari kurang jelas, kondisi tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa kaca mobil berjamur.

2. Cek kondisi dari kaca mobil secara langsung

Apabila ingin mengetahui secara langsung, pengendara dapat mencuci mobil seperti biasa.
Setelah bersih dan kering, pengendara bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan melihat dan memperhatikan detail dari kaca mobil tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun Saat Mengaspal di Musim Penghujan

Apabila terdapat bercak-bercak putih yang terkesan menempel dan tidak hilang walaupun sudah dilap sampai bersih, maka itulah jamur kaca yang dapat menggangu jarak pandang pengendara.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.