Sinopsis & Review Knowing (2009), Bencana Suar Matahari

Kembali lagi dengan film tentang bencana maha dahsyat yang melumat seluruh makhluk hidup di dunia. Adalah Knowing, film Amerika dengan genre Science-Fiction dan Thriller ini berhasil menyita perhatian banyak penikmat film ketika perilisannya di tahun 2009. Film Knowing menawarkan cerita yang berbeda dari film-film bencana alam lainnya.

Sang sutradara, Alex Proyas memadukan film bencana atau ilmu sains dengan hadirnya alien atau makhluk asing di akhir cerita. Film Knowing ini juga jadi komparasi film lainnya yang sama-sama menceritakan tentang akhir dari bumi yaitu film 2012. Kira-kira apa yang maksud kedatangan makhluk asing tersebut di tengah bencana yang akan menimpa bumi?

Sinopsis

Knowing_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Sci-Fi, Thriller
  • Produksi: Escape Artist, DMG Entertainment
  • Sutradara: Alex Proyas
  • Pemain: Nicolas Cage, Rose Byrne, Chandler Centebury

Pada tahun 1959, sebuah sekolah dasar di Lexington, Massachusetts, merayakan pembukaan sekolah dengan meminta para siswa barunya menggambar apapun yang kemungkinan ada di masa depan dan gambar itu akan dimasukan ke dalam kapsul waktu yang nantinya akan dibuka 50 tahun kemudian.

Semua anak-anak bersemangat bergambar kecuali seorang anak perempuan misterius bernama Lucinda Embry (Lara Robinson). Alih-alih menggambar dengan visual anak kecil mengenai masa depan, Lucinda malah menggambar deret angka yang ia dapat dari bisikan yang menggaung di kepala Lucinda.

Belum selesai menulis deretan angka terakhir, waktu yang diberikan untuk tugas itu berakhir dan guru mengumpulkan gambar siswa. Keesokan harinya, Lucinda mengukir nomor yang tersisa ke pintu lemari dengan kukunya. 

50 tahun kemudian, karya-karya yang ada di dalam kapsul waktu akhirnya dibuka. Di saat anak-anak lain mendapatkan karya bagus, seorang anak lelaki bernama Caleb Koestler (Chandler Canterbury) yang berusia 9 tahun mendapatkan kertas deretan penuh angka.

Hal ini tidak membuatnya senang dan malah memberikannya pada Ayahnya yang adalah orang tua tunggal bernama John Koestler (Nicolas Cage) yang merupakan seorang profesor astrofisika di Institut Teknologi Massachusetts

Baca Juga: 10 Film Nicolas Cafe yang Wajib Ditonton

Awalnya John mengira itu hanya angka biasa, namun saat mencoba mengetik di situs internet, keluarlah hasil pencarian bahwa angka-angka yang dibuat Lucinda adalah tanggal, korban tewas, dan koordinat geografis dari bencana besar selama lima puluh tahun terakhir.

Sisanya ada tiga kejadian yang belum terjadi. Di hari berikutnya, John akhirnya melihat dua kejadian yang dimaksud oleh Lucinda.

Pertama adalah kecelakaan sebuah pesawat komersial dekat jalan utama yang menghubungi kota dan yang kedua adalah kecelakaan kereta bawah tanah di kota New York. Melihat semua hal itu, ia yakin keluarganya terkait akan kecelakaan yang diramalkan Lucinda.

Bertahun-tahun sebelumnya istri John meninggal dalam salah satu peristiwa sebelumnya, sementara Caleb adalah orang yang menerima pesan Lucinda. Ditambah kini Caleb juga mulai mendengar suara bisikan yang sama seperti Lucinda dahulu kala.

Sisa angka terakhir yang belum John bisa pecahkan. Ini membuat John akhirnya melacak Putri dari Lucinda, Diana (Rose Byrne) dan cucunya, Abby (Lara Robinson).

Setelah dijelaskan panjang lebar disertai debat panjang, akhirnya Diana mau bekerja sama dengan John. Mereka lantas pergi ke rumah masa kecil Lucinda. Di sana mereka menemukan salinan dari ukiran Matthäus Merian yang menggambarkan tentang besarnya kekuatan matahari.

Mereka juga menemukan bahwa dua digit terakhir dari pesan Lucinda bukanlah angka, tetapi dua huruf E yang terbalik, cocok dengan pesan yang ditinggalkan Lucinda di bawah tempat tidurnya yang memiliki arti ‘semua orang’.

Selama penyelidikan itu, John dan Diana membiarkan anak-anak mereka tertidur di mobil, akibatnya Caleb dan Abby kembali mendengar bisikan-bisikan misterius yang dulu dialami oleh Lucinda.

Keesokan paginya, Abby sedang membuat gambar di bawah sinar matahari. Melihat hal tersebut, John jadi sadar akan sesuatu.

Ia lantas bergegas ke observatorium MIT dan mengetahui sebuah informasi penting bahwa adanya suar matahari super besar yang berpotensi menghancurkan semua kehidupan akan menghantam Bumi pada tanggal terakhir yang tersemat dalam pesan terakhir Lucinda.

Baca juga:

John lantas memberitahu semua orang yang menurutnya penting untuk diberitahu khususnya Diana. Ini membuat Diana dan Abby bersiap untuk berlindung di gua terdekat yang bisa mereka jumpai.

Sedangkan John masih terus mencari petunjuk dimana Lucinda mengukir angka terakhir yang diidentifikasi sebagai koordinat tempat di mana ia bisa selamat dari bencana suar matahari tersebut. 

Diana sama sekali tidak percaya dan makin histeris. Selagi John mencari petunjuk itu, ia membawa Caleb dan Abby untuk pergi ke gua menggunakan mobilnya. Ia sempat berhenti di pom bensin untuk membeli beberapa items untuk bertahan hidup di gua.

Naas, begitu ia keluar, Diana mendapati mobilnya sudah dicuri oleh makhluk yang selalu berbisik pada Caleb dan Abby. Diana mengejar namun gagal, ia mengalami kecelakaan dan tewas.

Makhluk-makhluk itu membawa Caleb dan Abby ke tempat dimana Lucinda menyimpan mobil van miliknya. John yang segera menyusul anaknya tersebut bertemu makhluk misterius itu yang ternyata adalah malaikat luar angkasa yang memimpin anak-anak ke tempat yang aman di bahtera antarbintang.

John diberitahu bahwa dia tidak bisa pergi bersama mereka karena dia tidak pernah mendengar bisikan yang digaungkan oleh para malaikat. 

Mendapati kenyataan bahwa dirinya tidak bisa bersama dengan anaknya, Caleb, ia akhirnya membujuk Caleb untuk ikut dengan para malaikat luar angkasa bersama Abby dan dua kelinci peliharaan yang mereka temukan. Meski awalnya enggan, akhirnya Caleb menuruti perintah Ayahnya. Tak lama setelah itu, mereka semua hilang terangkat ke langit. John pasrah.

Sesaat sebelum bencana suar terjadi, John akhirnya memutuskan untuk bersama keluarganya di kota Boston yang sudah kacau. Ia berdamai dengan Ayahnya yang sempat ia benci. Mereka berpelukan saat  bencana suar matahari menyerang, menghancurkan atmosfer bumi dan semua kehidupan di planet ini.

Sementara itu, di bahtera luar angkasa, bersama dengan yang lain, Caleb dan Abby di lepaskan oleh para malaikat di dunia lain yang menyerupai surga duniawi untuk melanjutkan hidup mereka dengan bahagia.

Apa yang Akan Kamu Lakukan?

Knowing_Where Would You Be? (Copy)

Pertanyaan mengenai kapan dunia berakhir sepertinya menjadi pertanyaan umum saat ini ya? Di saat dahulu membahas hal seperti ini agak susah diterima orang banyak, kini pertanyaan ini malah menjadi salah satu riset besar umat manusia dalam memprediksi kapan bumi akan kehilangan daya dan akhirnya padam memusnahkan umat manusia.

Film Knowing ini membuat prediksi itu bisa terdeteksi dengan cepat dan waktu dimana bumi akan berakhir bisa diketahui secara gamblang oleh si Profesor John beserta rekannya. Ini membuat John otomatis jadi kebakaran jenggot mengetahui bumi yang ia pijak akan ‘mati’ membuat semua orang penghuninya bahkan dirinya akan tewas.

Akhirnya pertanyaan ‘apa yang harus dilakukan’ pun muncul. John mencari sejuta cara supaya dirinya dan keluarganya selamat.

Nomor Misterius

Knowing_Number (Copy)

Menjadi salah satu adegan paling creepy di sepanjang film ini sesudah badai suar matahari yang menghantam bumi. Nomor-nomor itu ditulis oleh Lucinda bukan tanpa alasan, ia menuliskannya sebagai peringatan mengenai apa yang akan terjadi selama 50 tahun ke depan.

Pertanyaannya adalah kenapa Lucinda tidak terus terang saja mengenai hal tersebut? Well, sudah pasti dianggap freak namun setidaknya mencoba supaya semua kejadian tersebut bisa terprediksi.

Alih-alih menjadi warning untuk orang banyak, nomor misterius itu malah ditemukan 50 tahun kemudian dimana hanya tinggal 3 bencana besar lainnya sebelum akhirnya bumi musnah akibat bencana suar matahari. Beruntung John bisa memecahkan kode nomor yang diberikan Lucinda. Meski sebenarnya percuma juga ia menemukannya; toh di akhirnya pun John tewas.

Malaikat atau Alien

Knowing_Angel or Alien (Copy)

Apa yang diberikan oleh Pyoras dalam film Knowing ini rasanya sudah cukup bagus, namun saya masih agak bingung dengan keberadaan si malaikat luar angkasa yang muncul dalam film bertindak sebagai wali dari anak-anak yang mendengar bisikannya supaya bisa mereka bawa pergi dari bumi. Wait… Malaikat luar angkasa? Ya benar! Itu yang saya tanyakan juga.

Mungkin kalau Pyoras mengatakan bahwa itu semacam alien, saya akan menganggap hal tersebut umum karena banyaknya film yang membahas tentang alien juga, namun kalau sudah jadi malaikat luar angkasa, saya harus menahan diri untuk tidak tertawa; mengapa Pyoras memasukan mahluk tersebut ke dalam film.

Selain flaw, mendatangkan malaikat luar angkasa adalah satu hal yang aneh dan membuat isi cerita dari Knowing ini hilang sense sains fiksinya. Bacaterus memberi skor 3.4/5 untuk film ini. Bagaimana dengan kalian?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *