Populer Daerah: Gempa Banten, Penendang Sajen Jadi Tersangka, dan Insiden Lingkaran Setan

Jakarta: Sejumlah pemberitaan pada Jumat, 14 Januari 2022, di kanal Daerah Medcom.id, menarik perhatian pembaca. Ada tiga pemberitaan yang menjadi populer, yakni guncangan gempa di Sumur, Pandeglang, Banten, pria penendang sajen di Gunung Semeru jadi tersangka, dan belasan siswa di Ciamis, Jawa Barat, jadi korban Lingkaran Setan. 
 
Berikut rangkuman berita populer di kanal Daerah Medcom.id: 
 
1. Sumur Banten Diguncang Gempa 6,7 Magnitudo

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Gempa magnitudo 6,7 mengguncang Sumur, Pandeglang, Banten, pada Jumat, 14 Januari 2022. Titik gempa barada di 52 Km Barat Daya Sumur. Gempa tidak berpotensi tsunami. Selengkapnya baca di sini.
 
Guncangan gempa di Banten terasa hingga ke sejumlah daerah di Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga Sumatra Selatan. Akibat gempa itu pun membuat puluhan bangunan di Lebak, Banten; Bogor, Jawa Barat, mengalami kerusakan. 
 
Selain itu, dilaporkan ada satu orang terluka akibat tertimpa atap rumah saat hendak menyelamatkan diri ketika gempa terjadi. Guncangan gempa itu membuat warga panik, sehingga berhamburan keluar dari gedung. 
 
2. Pria Penendang Sesajen di Gunung Semeru Jadi Tersangka Penodaan Agama
 
Polda Jawa Timur menetapkan pria berinisial HF pelaku penendang sesajen di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, sebagai tersangka kasus penodaan agama. Ia ditangkap kemarin malam di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
 
“Status yang bersangkutan sudah sebagai tersangka,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Surabaya, Jumat, 14 Januari 2022.
 
HF ditangkap di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis malam, 13 Januari 2022. Selengkapnya baca di sini. 
 
Motif tersangka adalah adanya perbedaan keyakinan pemilik sajen dengan HF. “Motifnya sementara karena spontanitas karena pemahaman keyakinan saja,” kata Dirreskrimum Polda Jatim, Kombes Totok Suharyanto, di Surabaya, Jumat, 14 Januari 2022.
 
Dari keterangan awal tersangka, lanjut Totok, HF mengaku handphone yang digunakan untuk merekam kejadian itu adalah milik HF. Termasuk yang mengunggah video tersebut ke media sosial, adalah tersangka. Selengkapnya baca di sini. 
 
3. Ada 18 Korban Insiden Lingkaran Setan di Ciamis
 
Polda Jawa Barat mencatat ada 18 korban akibat insiden perploncoan dalam kegiatan Pramuka di SMAN 1 Ciamis yang bernama Lingkaran Setan. Kasus dugaan perploncoan yang berujung penganiayaan itu kini diusut Polres Ciamis.
 
“Ada 18 orang junior tersebut menderita luka luka, lebam,” kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 14 Januari 2022.
 
Dia menerangkan, polisi mulai melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi. Antara lain korban, hingga pihak sekolah atau cabang satuan pendidikan.
 
“Ada tiga orang yang dilaporkan terkait kasus tersebut,” imbuhnya.
 
Dia menuturkan, penyelidikan kasus bermula dari adanya laporan orang tua korban pada 12 Januari 2022. Sedangkan insiden Lingkaran Setan diduga terjadi pada 11 Januari 2022. Selengkapnya baca di sini.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.