Manfaat Tidur Telanjang untuk Tubuh

Jakarta: Ketika sedang tidur, kebanyakan orang pasti menggunakan pakaian. Namun, ada beberapa orang yang hanya menggunakan pakaian dalam atau bahkan bertelanjang saat tertidur.

Terkadang beberapa orang tersebut menggunakan pakaian tidurnya lebih dari sekali. Sebab pakaian tidur hanya dipakai saat sedang tidur, sehingga dianggap tidak kotor atau berbau tidak sedap.

Namun ternyata, tidur tanpa mengenakan busana dianggap lebih sehat bagi tubuh. Dikutip dari The Guardian, tidur dalam keadaan telanjang dapat membuat tubuh menjadi tetap dingin, suhu tubuh yang paling optimal untuk tidur nyenyak adalah 20 derajat celcius.

Sehingga ketika kamu menggunakan pakaian, ada kemungkinan kamu akan merasa kegerahan yang membuat sulit tidur dan menyebabkan tidur menjadi kurang berkualitas. Kurang tidur terkait dengan banyak kondisi seperti diabetes, kegemukan, stroke, dan depresi.

Menurut Sleep Council, jika kamu merasa kegerahan ketika berada di tempat tidur, maka suhu inti tubuh akan kesulitan untuk menurun, sehingga tidak akan memicu ‘mekanisme tidur’. Selama tidur, suhu tubuh juga akan turun secara alami setelah 3 atau 4 jam dan dengan mengenakan pakaian yang terlalu tebal di bawah selimut tebal tentunya hal tersebut akan mengganggu.

Namun perlu diperhatikan bahwa ketika tidur, pastikan agar kaki tidak terlalu dingin karena hal itu juga dapat mengganggu kenyamanan tidur. Dibandingkan dengan menggunakan kaos kaki untuk menghangatkan kaki yang biasanya akan semakin panas setiap jam, lebih baik menggunakan botol air hangat di kaki untuk menjaga agar kaki tidak terlalu dingin.

Tetapi tidur dengan bertelanjang atau tidak, tergantung pada pilihan masing-masing individu. Hal yang terpenting adalah jika kamu ingin memakai baju tidur, usahakan memilih pakaian yang nyaman dan tetap memiliki sirkulasi udara yang baik karena kulit tubuh juga perlu bernapas. Usahakan untuk tidak memakai busana yang terlalu tebal ketika sedang tidur, karena dapat membuat tidur menjadi tidak tenang.
(FIR)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *