Iran-Cina Sepakat Laksanakan Perjanjian Strategis 25 Tahun

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan, perjanjian jangka panjang 25 tahun antara Iran dan Cina mulai berlaku pada hari Jumat (14/1/2022).

“Seperti yang disepakati dengan para pejabat Cina, kedua negara akan memulai pelaksanaan perjanjian kerja sama strategis komprehensif pada hari Jumat,” kata Amir-Abdollahian setelah melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Cina di Beijing.

Amir-Abdollahian menjelaskan bahwa ia membawa pesan tertulis dari Presiden Iran kepada Presiden Cina tentang pelaksanaan perjanjian 25 tahun dan berbagai masalah lain di tingkat regional dan internasional.

“Kami juga melakukan pembicaraan komprehensif tentang perundingan Wina untuk pencabutan sanksi,” tambahnya seperti dilaporkan IRNA.

Menlu Iran mengapresiasi peran positif perwakilan Cina bersama dengan perwakilan Rusia dalam membela hak-hak nuklir Republik Islam Iran dan dalam mendukung pencabutan sanksi.

Amir-Abdollahian menyatakan harapan bahwa pihak Barat akan mengadopsi pandangan yang realistis dengan tujuan mencapai sebuah kesepakatan yang baik yang di dalamnya memperhatikan hak-hak dan kepentingan bangsa Iran.

“Republik Islam menyambut baik kesepakatan yang akan dicapai dalam waktu sesingkat mungkin, tetapi ini tergantung pada pihak Barat,” tandasnya. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.