Deputi Menlu AS: Kami sudah Siapkan 18 Skenario untuk Rusia

Victoria Nuland, Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat mengaku bahwa Washington dan sekutunya sudah siap memberikan pukulan telak jika sampai Rusia menyerang Ukraina.

Dikutip kantor berita Sputnik, Sabtu (15/1/2022), Victoria Nuland menuturkan, AS sudah menyiapkan 18 skenario jika Rusia memutuskan untuk menyerang Ukraina.

Nuland tidak menjelaskan lebih jauh apa sebenarnya yang ia maksud dengan 18 skenario itu, tapi menurutnya Washington dan sekutunya sudah siap memaksa Rusia menanggung biaya yang besar jika sampai menyerang Ukraina.

“Sederhananya saya katakan bahwa komitmen kami, dan hasil dialog dengan mitra-mitra kami mencapai kesimpulan bahwa jika Rusia, dalam bentuk apa pun, melakukan gerakan tersebut, maka kami akan membuatnya merasakan kesakitan yang sangat luar biasa dan cepat,” paparnya. 

Deputi Menlu AS menegaskan, “Washington meyakini bahwa solusi diplomatik untuk menyelesaikan ketegangan tetap terbuka, dan dialog merupakan langkah awal.”

Menurutnya, AS dan Rusia dalam dialog-dialog ini saling mendengar pendapat masing-masing, tapi untuk sampai pada sebuah kesepakatan dibutuhkan waktu lebih lama. (HS) 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.