Cina Sarankan Pejabat Inggris tidak Berlebihan Menonton Film 007

Kementerian Luar Negeri Cina membantah keras klaim Inggris yang menuduh Beijing mencampuri urusan politik Inggris dan berusaha menyusup ke parlemen negara itu.

Juru bicara Kemenlu Cina, Wang Wenbin menyarankan para pejabat Inggris agar tidak terlalu sering menyaksikan film 007, yang mengarah ke asosiasi mental yang tidak perlu.

“Kami dengan tegas menentang tipuan dan intimidasi terhadap masyarakat Cina di Inggris,” tambahnya dalam sebuah pernyataan hari Jumat (14/1/2022) seperti dikutip laman Farsnews.

Dia menegaskan Cina selalu menganut prinsip non-intervensi dalam urusan negara lain.

Pada hari Kamis, Dinas Keamanan Inggris (MI5) mengklaim bahwa Christine Lee, warga negara Inggris keturunan Cina, bekerja atas nama Partai Komunis Cina untuk ikut campur dalam politik Inggris dengan menyusup ke parlemen.

Lee mendapat penghargaan dari mantan Perdana Menteri Theresa May pada 2019 atas kontribusinya memperbaiki hubungan Cina dan Inggris. Ia adalah seorang pengacara yang tinggal di London.

Lee pernah difoto sedang bersama mantan Perdana Menteri Inggris David Cameron di sebuah acara pada 2015 dan pernah bertemu dengan mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.