7 Rekomendasi Film yang Mirip dengan Film Keramat

Keramat (2009) memang menjadi salah satu film horor Indonesia yang berhasil membuat bulu kuduk merinding. Pasalnya perasaan takut dan ngeri yang diberikan secara perlahan, akan membuat kamu merasakan sisi nyata dari filmnya. Namun film horor berjenis mokumenter yang menyeramkan tidak hanya berhenti di film ini, karena ada banyak film bergaya sama yang populer.

Sebut saja The Medium (2021) yang berhasil membuat banyak orang ketakutan dan tidak bisa tidur nyenyak setelah menonton filmnya. Selain itu masih banyak film-film berjenis serupa yang tidak boleh ditonton sendirian. Pasalnya after effect yang diberikan bisa membuat kamu jadi paranoid dan ketakutan ketika malam datang.

Kali ini kita akan membahas mengenai film-film yang mirip dengan Keramat (2009), kira-kira ada film apa saja? Makanya jangan sampai ketinggalan, kamu bisa membaca informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Sinopsis dan Review Film Horor Indonesia Keramat (2009)

1. The Medium

The Medium (2021)_

Film kerjasama antara Banjong Pisanthanakun dan Na Hong-jin ini memang tidak boleh sampai kamu lewatkan. Pasalnya The Medium (2021) akan membawa kamu pada kisah yang dialami Mink dan keluarganya yang diganggu oleh makhluk dari dunia lain.

Kisahnya bermula ketika sang ayah meninggal dunia, saat itu Mink mulai terlihat sangat ‘kosong’ dan bersikap aneh Sebagai bibi dan medium dari Dewa Bayan, Nim berusaha untuk mengobati keponakannya itu. Tapi, semua itu terhalang oleh sang kakak bernama Noi. Dia tidak ingin putrinya menjadi penerus Nim sebagai medium.

Namun langkahnya yang membawa Mink melakukan upacara penerimaan, justru membuat malapetaka. Alhasil tubuh putrinya malah dirasuki oleh ratusan roh dan membuat Mink secara perlahan kehilangan kendali.

Gadis ini mulai melakukan hal-hal yang aneh, amarahnya sangat sulit untuk dikendalikan. Hingga akhirnya Nim mengetahui sebuah fakta mengejutkan mengenai keluarga ayah Mink. Ternyata gadis itu dijadikan tumbal untuk menebus dosa-dosa dan kutukan yang sudah terjadi turun temurun. Berhasilkan Nim menyelamatkan keponakannya dari roh-roh jahat ini?

2. The Blair Witch Project

The Blair Witch Project
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Mockumentary, Horror
  • Sutradara: Daniel Myrick, Eduardo Sánchez
  • Pemeran: Heather Donahue, Michael C. Williams, Joshua Leonard
  • Produksi: Haxan Films

The Blair Witch Project (1999) menjadi awal mula kepopuleran film horor bergaya mokumenter di dunia. Pasalnya film berhasil menjadi salah satu film horor paling populer di dunia, padahal pembuatannya hanya menghabiskan $750.000 saja. Bahkan dengan hadirnya The Blair Witch Project (1999), film-film found footage mulai menjadi genre yang paling dinantikan.

Pasalnya film-film jenis ini memang berhasil meningkatkan rasa seram, seakan-akan penonton ikut berada dalam kisahnya. The Blair Witch Project (1999) sendiri mengisahkan tiga siswa di jurusan perfilman yang tersesat saat masuk ke hutan Maryland. Awalnya para murid ini berniat untuk membuat sebuah film dokumenter soal legenda penyihir lokal.

Sayangnya, mereka malah diterpa berbagai kejadian-kejadian aneh yang tidak pernah disangka sama sekali. Sorotan kamera berhasil menunjukkan penampakan-penampakan yang bikin bulu kuduk merinding. Bahkan klimaksnya membuat banyak orang heran, sebenarnya apa yang terjadi pada Heather, Mike dan Josh?

3. Rec

Rec_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Mockumentary, Horror
  • Sutradara: Jaume Balagueró, Paco Plaza
  • Pemeran: Manuela Velasco, Ferrán Terraza, Jorge-Yamam Serrano, Pablo Rosso, David Vert, Vicente Gil, Martha Carbonell, Carlos Vicente
  • Produksi: Casteleo

Film asal Spayol satu ini disebut-sebut tidak boleh ditonton sendirian karena film ini akan membuat jantungmu berdetak lebih kencang. Film ini akan memberikan banyak kejutan, tanpa aba-aba dan basa basi semuanya diperlihatkan dengan gamblang.

Rec (2007) mengisahkan seorang reporter televisi dan cameraman-nya masuk ke dalam sebuah gedung apartemen bersama pemadam kebakaran.

Ternyata hal ini membawa mereka masuk ke dalam markas makhluk-makhluk menyeramkan pemakan manusia. Mereka menemukan orang-orang yang terluka, namun tidak lama mereka bertingkah agresif lalu menyerang dan menggigit petugas. Hingga semuanya terjawab dari tape recorder yang ditinggalkan oleh pemilik apartemen, mengenai asal usul kengerian ini.

4. Noroi: The Curse

Noroi_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Kōji Shiraishi
  • Pemeran: Jin Muraki, Rio Kanno, Tomono Kuga
  • Produksi: Xanadeux Company

Beralih ke film buatan Jepang, kita akan membahas seberapa mengerikannya Noroi: The Curse (2005). Film yang disebut sebagai mimpi buruk ini mengisahkan pemanggilan arwah iblis kuno untuk mencegah penggusuran kota. Hal ini bermula ketika rekaman milik Masafumi Kobayashi yang menceritakan kejadian aneh dan menyeramkan ditemukan dalam sebuah paket.

Masafumi Kobayashi sedang menyelidiki mengenai insiden paranormal yang terjadi di kota kecil tersebut. Ia bertemu dengan seorang wanita bernama Junko Ishii, yang ternyata adalah orang terakhir yang ikut dalam ritual pemanggilan setan. Dari sinilah hal-hal aneh berhasil tertangkap oleh lensa kameranya, hal yang menyeramkan sampai kamu tidak berani melihat dan mendengarkannya.

5. Lake Mungo

Lake Mungo_
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Psychological Horror
  • Sutradara: Joel Anderson
  • Pemeran: Talia Zucker, Rosie Traynor, David Pledger
  • Produksi: Arclight Films

Lake Mungo (2008) adalah sebuah film mokumenter asal Australia tentang sebuah keluarga yang berkabung atas kematian putri mereka. Kejadian ini bermula ketika putri mereka yaitu Alice yang berusia 16 tahun menghilang saat berenang bersama di Danau Mungo.

Baca juga:

Jasad sang adik ditemukan dengan kondisi yang sangat mengenaskan setelah beberapa hari pencarian. Berusaha menerima kenyataan, sang kakak yang bernama Matthew melihat adanya hal aneh dari kamera yang di sekitar rumah.

Penampakan dana aktivitas supernatural makin dirasakan oleh semua penghuni rumah, mereka percaya bahwa Alice tetap tinggal bersama mereka. Bahkan penyebab kematian Alice akhirnya bisa terpecahkan, dengan kenyataan yang bikin semua orang shock berat.

6. Paranormal Activity

Paranormal Activity_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Supernatural, Horror
  • Sutradara: Oren Peli
  • Pemeran: Katie Featherston, Micah Sloat
  • Produksi: Blumhouse Productions

Film yang sempat membuat dunia gempar, tentu saja Paranormal Activity (2007) tidak boleh sampai terlewatkan. Film ini memang berhasil membuat banyak orang merinding, padahal gambarnya diambil dari video yang sengaja direkam. Film ini mengisahkan pasangan Katie dan Micah dari San Diego, sejak kecil Katie selalu dihantui dengan iblis yang mengganggunya.

Katie mencari saran dari seorang paranormal bernama Dr. Fredrichs dan ia benar-benar mengikuti sarannya. Sementara sang suami Micah menaruh banyak kamera untuk memantau aktivitas spiritual yang terjadi di rumahnya. Ada banyak hal aneh yang terjadi, awalnya hanya hal kecil seperti lampu yang kedap kedip, suara seretan hingga ke bantingan pintu dan dengkuran menyeramkan yang keras.

Bahkan kejadian ekstrim terjadi pada Katie, perempuan ini kerap dirasuki oleh iblis di malam hari namun ia tidak pernah mengingatnya sama sekali. Micah berpikiran untuk pindah dari rumah itu, namun Katie menolaknya dan hal-hal menyeramkan makin banyak terjadi. Bahkan Micah ditemukan tidak bernyawa pada 11 Oktober 2006, sementara Katie tidak ditemukan dimana pun.

7. Ragini MMS

Ragini MMS_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Found Footage Horror
  • Sutradara: Pawan Kripalani
  • Pemeran: Rajkummar Rao, Kainaz Motivala
  • Produksi: ALT Entertainment, Balaji Motion Pictures, iRock Films, ZEE5

Beralih ke India, ada satu film horor yang cukup menegangkan berjudul Ragini MMS (2011). Film ini mungkin tidak semenyeramkan film-film lainnya, namun film ini sangat berbeda dengan ciri khas Bollywood. Bahkan sang sutradara Pawan Kripalani mengakui bahwa film ini terinspirasi dari Paranormal Activity (2007) dan didasari pada kisah nyata seorang gadis di Delhi.

Ragini berpikir bahwa kekasihnya yang bernama Uday sangat mencintai dirinya, bahkan ia sampai rela berbohong pada orang tuanya. Ternyata pria itu tidak lebih dari pencinta film porno yang menjadikan wanita sebagai sumber penghasilannya. Uday sengaja merekam aktivitas mereka, namun gangguan hantu membuat Ragini mengetahui upaya kekasihnya untuk menipu dan melecehkannya.

Bahkan karena hal ini Ragini harus mengalami perawatan psikologis selama 10 bulan lamanya. Pasalnya Ragini melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Uday membunuh dirinya sendiri. Ragini yang dalam keadaan terborgol dan histeris berusaha melarikan diri, sampai-sampai ia hampir mati. Roh itu terus mengganggunya, seperti tidak menginginkan Ragini keluar dari rumah kosong itu.

Inilah tujuh film horor bergaya found footage atau mokumenter yang sangat menyeramkan. Kira-kira dari film-film di atas, film mana saja yang sudah kamu tonton? Bagikan jawabannya di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk mengunjungi Bacaterus, supaya kamu tidak ketinggalan info soal film-film seru lainnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.