4 Penyebab Kecelakaan di Jalan Raya, Pengguna Kendaraan Wajib Waspada

Suara.com – Tidak ada orang yang ingin mengalami kecelakaan mobil di jalan raya. Selain stres dan trauma karena mengalami pengalaman seperti itu, adalagi kemungkinan terluka parah atau meninggal. Selain itu tabrakan kemungkinan akan menaikkan biaya premi asuransi mobil Anda. Lantas, apa penyebab kecelakaan di jalan raya?

Diketahui, berkendara dengan aman di jalan raya harus menjadi tujuan setiap pengemudi. Sayangnya, tidak semua orang menganut prinsip itu. Beberapa tabrakan paling umum dapat dicegah dengan mengemudi dalam batas kecepatan, tetap fokus pada mengemudi, dan hanya berada di belakang kemudi saat Anda sadar.

Lantas, apa penyebab kecelakaan di jalan raya? Ada banyak alasan mengapa kecelakaan di jalan raya terjadi. Statistik dari Traffic Injury Research Foundation di Ottawa menyatakan bahwa 90% kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh kesalahan manusia.

Biasanya, polisi dapat menentukan penyebab langsung dari setiap tabrakan. Melansir dari berbagai sumber, adapun beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Tips Hindari Kaca Mobil Berjamur saat Musim Hujan

Ilustrasi kecelakaan. [Envato Elements]
Ilustrasi kecelakaan. [Envato Elements]

1. Melebihi batas kecepatan

Menggunakan kendaraan di jalan raya melebihi batas kecepatan yang dianjurkan adalah salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Hukuman yang dengan berkendara melebihi batas kecepatan juga dapat berdampak buruk pada premi asuransi Anda.

2. Mengemudi dalam cuaca buruk

Salah satu penyebab lainnya yang dapat menimbulkan kecelakaan yaitu mengemudi dalam cuaca buruk. Jarak pandang yang buruk, jalan yang licin, dan kondisi tidak aman lainnya sering kali diakibatkan oleh cuaca yang buruk. 

Baca Juga: Selama Satu Jam Ganjil Genap di Bogor, Ribuan Kendaraan Diputar Balik

3. Mengemudi yang terganggu

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.