Ulama Besar Iran: Tidak Boleh Menghina Mazhab Lain!

Seorang Marja’ Besar Iran, Ayatullah al-‘Uzma Naser Makarim Shirazi menekankan perlunya menghindari penghinaan terhadap kesucian mazhab-mazhab Islam lainnya.

Hal itu ditekankan Ayatullah Makarim Shirazi dalam pertemuan dengan Sekjen Forum Internasional Pendekatan Antar-Mazhab, Hujjatul Islam Hamid Shahriari di kota Qom, Jumat (14/1/2022) seperti dilaporkan Iran Press.

Menurutnya, orang-orang minoritas ekstremis telah memicu perpecahan dan perselisihan. “Ucapan dan perkataan para pemikir Syiah dan Sunni harus menjadi parameter, bukan perkataan segelintir ekstremis,” imbuhnya.

Ayatullah Makarim Shirazi menegaskan bahwa dari segi syariat, menghina kesucian mazhab lain tidak diperbolehkan, dan tindakan-tindakan seperti itu sangat merusak persatuan Islam.

Sementara itu, Hujjatul Islam Shahriari mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, musuh telah mempromosikan sektarianisme dan sukuisme untuk merusak persatuan yang sudah tercipta di tengah masyarakat Islam.

Berbicara tentang kemunculan Daesh di wilayah negara Muslim, ia menuturkan berkat dukungan Republik Islam Iran dan perjuangan panglima besar Islam Syahid Qasem Soleimani, Daesh telah kalah dan hari ini di kancah internasional, kita menyaksikan minat negara-negara Muslim ke arah persatuan. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.