Rekomendasi 10 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

Jakarta: Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sejatinya menyiapkan para siswa agar siap terjun dunia kerja selepas lulus. Namun, tak sedikit lulusan SMK yang justru ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.
 
Memilih program studi (Prodi) biasanya jadi salah satu faktor yang membuat galau siswa SMK melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Melansir Ruangguru, berikut ini rekomendasi 10 prodi atau jurusan yang bisa dipilih para lulusan SMK:

1. Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan ialah Jurusan Arsitektur. Sebab, materi yang dipelajari di bangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi dasar untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini.
 
Pada Jurusan Arsitektur, banyak hal akan dipelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan. Contohnya, kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Kemendikbudristek: Pengembangan Gim Lokal Libatkan SMK Pusat Keunggulan
 
Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail dari bagian bangunan, hingga pembuatan desain. Makanya, dibutuhkan skill dan kreativitas yang tinggi agar nantinya bisa merancang setiap bangunan dengan baik dan sesuai permintaan klien.
 
Ada beberapa kampus di Indonesia yang bisa dipilih untuk menempuh jurusan ini, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP). Selain menjadi seorang Arsitektur, lulusannya bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin

Lulusan SMK Program Keahlian Teknik Mesin yang ingin melanjutkan kuliah, bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai jurusan pilihan. Lulusan SMK yang sudah tak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. 
Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.
 
Prospek kariernya juga ada, misalnya sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, dirgantara, manufaktur, bahkan minyak dan gas.
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.