Dari Deltamas Cikarang, Hyundai Creta Hasil Perakitan Lokal Didistribusikan Mulai Februari 2022

Suara.com – Mulai 17 Januari pekan depan, Hyundai Creta rakitan lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat dimulai pembuatannya. Kemudian bakal didistribusikan kepada pelanggan mulai Februari 2022. Demikian dikutip dari kantor berita Antara pada Jumat (14/1/2022).

“Produksi massal Creta baru mulai di awal Januari 2022, dan bulan depan kami akan melengkapi unit display di seluruh diler di Indonesia. Dari Aceh sampai Papua, sekaligus melakukan pengiriman kepada konsumen,” jelas Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, saat ditemui di Cikarang.

Ia menyebutkan bahwa animo masyarakat akan SUV kompak terbaru ini cukup tinggi, menyusul perkenalan Hyundai Creta via pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021.

Baca Juga: GIIAS Surabaya 2021: Melongok Serunya Kabin Hyundai Creta

“Per akhir Desember 2021, pemesanan sudah lebih dari 1.200 unit, dengan kondisi belum ada unit display dan belum ada test drive,” tandas Makmur.

Adapun lokasi pabrik PT HMID adalah kawasan Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik baru seluas 77 hektare ini disebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 150 ribu unit.

Terdapat beberapa tahapan dalam memproduksi kendaraan roda empat, mulai dari pencetakan bagian-bagian mobil (press shop), perakitan bodi mobil (body shop), pemberian warna pada mobil (paint shop), sampai pengecekan kualitas.

Proses produksi ini memadukan tenaga manusia dan robot-robot canggih yang sudah diprogram demi mengerjakan bagiannya masing-masing di proses produksi.

Baca Juga: GIIAS Surabaya 2021: Hyundai Creta Dihadirkan Khusus untuk Indonesia

Tenaga manusia sendiri diperlukan misalnya untuk pemasangan komponen-komponen mobil dan mesin, hingga pengecekan kualitas. Karyawan juga mengawasi kinerja robot.

Di tahap awal pengoperasian, pabrik Hyundai Deltamas Cikarang akan memproduksi Creta. Sementara di masa mendatang ada beberapa model lain diproduksi di situ. Antara lain Hyundai Ioniq 5 dan SUV Santa Fe.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *