Wapres Mendorong Gaya Hidup Halal Makin Berkembang di Madura

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap gaya hidup halal dapat berkembang pesat di Madura. Dia meresmikan Halal Center Universitas Trunjoyo Madura (UTM) sebagai upaya mendukung tumbuhnya produk halal.
 
“Gaya hidup Islami yang mengakar kuat di tengah masyarakat, tentu menjadi awalan yang baik untuk upaya percepatan halal lifestyle secara lebih luas,” ujar Ma’ruf saat meresmikan Halal Center UTM di Jalan Raya Telang, Kamal, Bangkalan, Kamis, 13 Januari 2022. 
 
Ma’ruf menjelaskan menggunakan produk halal merupakan bagian dari perintah agama dan tatanan kehidupan umat Islam. Menurut dia, kehalalan suatu produk dapat mencakup sifat, zat, maupun prosesnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



“Seluruh aspek halal tersebut telah menjadi faktor pertimbangan masyarakat muslim global dalam memilih produk yang berkualitas,” terang dia. 
 
Wapres berharap industri produk halal dapat terus dikembangkan di Madura. Mulai dari makanan dan minuman, pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata, serta beragam potensi besar lainnya.  
 
“Dilihat dari struktur ekonomi Kabupaten Bangkalan misalnya, kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan yang terbesar, yaitu 25 persen,” beber dia. 
 
Baca: Penggunaan Produk Halal Meningkat
 
Dia mendorong produk-produk Madura dapat menjadi bagian dari rantai pasokan industri halal. Terlebih telah ada Kawasan Industri Halal (KIH) di Sidoarjo. 
 
“Harapan besar kita tentu Pulau Madura akan menjadi salah satu pelopor bagi pengembangan riset produk halal, sekaligus gaya hidup halal di Tanah Air,” ujar dia.
 
Dia juga menekankan pengembangan industri di Pulau Madura menempatkan masyarakat Madura sebagai subjek pembangunan. Salah satunya dengan bertumpu kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
“Jangan sampai nantinya warga Madura hanya menjadi penonton dari gemuruh pembangunan industri di wilayah sendiri,” kata dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *