Perundingan Wina Masuki Tahap Pokja Ketiga

Pertemuan kelompok kerja ketiga tentang langkah-langkah eksekutif JCPOA digelar di Wina dengan partisipasi para ahli dari delegasi Iran, Uni Eropa dan kelompok 4 + 1.

Pertemuan yang berlangsung Rabu (12/1/2022) malam diadakan dengan tujuan untuk mengevaluasi kemajuan yang telah dicapai dalam kerangka pembicaraan Wina, yang memfokuskan isu pencabutan sanksi terhadap Iran.

Pada hari Rabu, pertemuan bilateral juga diadakan antara Ali Bagheri, Negosiator Senior Republik Islam Iran, dan Enrique Mora, Wakil Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa.

Perundingan Wina putaran kedelapan yang berfokus pada pencabutan sanksi yang menindas dan ilegal terhadap Iran, dimulai Senin, 27 Desember 2021, dengan pertemuan Komisi Gabungan yang diketuai oleh Ali Bagheri dan Enrique Mora.

Republik Islam Iran berulang kali menyatakan bahwa Amerika Serikat adalah pihak awal yang melanggar JCPOA, maka Washington harus kembali ke kesepakatan internasional ini dengan pencabutan sanksi, dan pemenuhan Komitmen AS tersebut harus diverifikasi oleh Iran.(PH)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.