Pemerintah DIY Target Capaian Vaksinasi Booster 70% pada Maret

Yogyakarta: Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan capaian vaksin covid-19 dosis ketiga atau booster bisa mencapai 70% pada Maret 2022. Dengan capaian tersebut diharapkan bisa segera tercapai kekebalan kelompok atau herd immunity yang lebih.
 
“Kalau menurut data yang sudah 6 bulan divaksin (dosis kedua) ada 1,2 juta (orang),” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaning Astutie, di Banguntapan, Kabupaten Bantul, Kamis, 13 Januari 2022.
 
Baca: Pemkab Landak dan Lantamal XII Gelar Vaksinasi Massal di Daerah Terpencil

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pembajun menjelaskan vaksinasi dosis ketiga diberikan dengan asumsi adanya penurunan sejak enam bulan tervaksin dosis kedua. Menurutnya warga yang telah disuntik vaksin booster bisa meningkat imunitasnya.
 
Pemerintah DIY telah memulai vaksinasi dosis ketiga hari ini. Vaksinasi ini menyasar ASN hingga guru dan tenaga pendidikan di sekolah. Selain itu, warga lanjut usia atau lansia juga masuk dalam daftar.
 
Pembajun menjelaskan ia berharap dalam tiga hari sasaran yang tervaksin bisa mencapai 5 ribu. Di sisi lain, pihaknya menyatakan lansia akan dijangkau vaksin booster bertahap.
 
“Yang di kota mungkin mudah, tapi kan capaian lansia 82%. (Jumlah) sekian itu kami belum melihat yang di Gunungkidul atau Kulon Progo kan sulit dijangkau. Ini yang masih menjadi PR. Kami mesti door to door kayanya,” jelasnya.
 
 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.