Korut Tembakan Rudal, AS Batalkan Sejumlah Penerbangan

Merespon uji coba rudal baru Korea Utara, Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara, NORAD HQ mengeluarkan perintah penghentian sementara penerbangan pesawat di sejumlah bandara.

Dikutip situs Eastbaytimes, Rabu (12/1/2022), seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan, dikarenakan uji coba rudal baru Korea Utara, Administrasi Penerbangan Federal, FAA mengeluarkan perintah kepada beberapa pilot untuk menghentikan penerbangan sementara.

Perintah ini tidak menyeluruh, hanya untuk beberapa bagian wilayah AS, dan menurut Juru bicara NORAD HQ perintah itu dikeluarkan untuk mencegah ancaman potensial terhadap AS.

Pejabat tersebut menambahkan, “Sebagai sebuah langkah pencegahan, FAA untuk sementara membatalkan beberapa penerbangan di sejumlah bandara di sepanjang Pantai Barat pada Senin malam.”

Menurut Jubir NORAD HQ, peluncuran rudal sudah diidentifikasi dan dievaluasi, dan bukan termasuk ancaman bagi wilayah Amerika Serikat.

Pemerintah Korut pada Rabu dinihari mengumumkan uji coba rudal terbaru mereka. Sebelumnya militer Korut mengabarkan uji coba rudal balistik yang berhasil menghancurkan target di perairan yang berjarak 1.000 kilometer. (HS)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *