AC Mobil Keluarkan Bau Tak Sedap? Bisa Jadi Karena Penggunanya Punya Kebiasaan Ini

Suara.com – Air Conditioner (AC) di mobil memiliki peranan penting. Mulai perannya saat hari hujan untuk mencegah pengembunan di kaca, hingga menurunkan suhu saat penggunanya merasa gerah.

Dalam operasionalnya, bisa terjadi tercium embusan bau tak sedap saat AC mobil dinyalakan. Sehingga bisa dibilang terjadi suatu masalah, yang menandakan bahwa AC mobil tidak dalam kondisi ideal.

Di antara beragam penyebabnya, paling sering ditemukan adalah evaporator yang kotor atau bocor.

Merokok di mobil. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/AboutImages].
Merokok di mobil. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/AboutImages].

Evaporator yang kotor disertai lendir bisa menimbulkan jamur dan bakteri di dalamnya. Jadi bila sudah berlangsung lama, tinggal tunggu waktu bau tak sedap akan datang.

Baca Juga: Ferrari Mengajukan Paten Baru, Bisa Mendeteksi Suhu Tubuh

Seperti dikutip dari laman Deltalube, evaporator juga bisa mengalami kebocoran dan bukan tidak mungkin juga dapat menimbulkan bau dari freon. Semakin besar kebocoran, maka bau yang ditimbulkan akan semakin terasa.

Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan evaporator bisa dilakukan servis AC secara rutin. Hal ini sangat berguna untuk memantau kondisi komponen AC yang harus mendapat perawatan.

Manfaat lainnya, mencegah kerusakan komponen yang bisa berujung pada pengeluaran biaya yang besar karena ada komponen yang perlu diganti.

Berikut kebiasaan yang membuat AC mobil berbau tak sedap:

Kebiasaan merokok

Baca Juga: Apakah Perlu Matikan AC Mobil di Tanjakan Curam?

Bagi perokok aktif di dalam mobil, jangan heran bila AC mobil jadi berbau tak sedap. Bisa dipastikan jejak bau rokok akan menempel pada jok, plafon dan karpet mobil.

Terlebih pada mobil yang memakai material kain. Untuk kasus ini tak ada yang bisa dilakukan selain tidak merokok lagi di kabin mobil.

Kabin mobil dengan ilustrasi bau parfum terembus AC [Shutterstock].
Kabin mobil dengan ilustrasi bau pewangi terembus AC [Shutterstock].

Pewangi berlebihan

Terakhir adalah pewangi mobil yang digunakan secara berlebihan juga berpotensi menimbulkan bau tak sedap.

Kadar alkohol yang tinggi bisa membuat AC mengeluarkan bau asam. Untuk menghidari hal ini, bisa memilih pewangi kabin yang tidak memiliki kadar alkohol yang terlalu tinggi.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *