Rusia Tuding NATO sebagai Alat Pemicu Ketegangan

Juru bicara Presiden Rusia menanggapi kemungkinan keanggotaan Finlandia di NATO dengan mengatakan, setiap ekspansi NATO akan menimbulkan kekhawatiran Moskow.

Dmitry Peskov memandang ekspansi NATO sebagai hal yang mengkhawatirkan bagi Rusia. Menurutnya, NATO merupakan alat untuk konfrontasi dan permusuhan.

“NATO adalah pemicu ketegangan, bukan pembangunan,” tegasnya seperti dikutip kantor berita RIA Novosti, Rabu (12/1/2022).

Peskov menambahkan Aliansi ini didirikan untuk tujuan tersebut. Rencana ini (ekspansi) dilaksanakan dengan tujuan yang sama dan sedang diperluas.

Deputi Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland sebelumnya mengatakan, Amerika Serikat siap untuk bernegosiasi dengan Finlandia dan Swedia tentang keanggotaannya di NATO jika mereka menginginkannya.

Ketegangan antara Rusia dan NATO tidak pernah mengendur, dan kedua belah pihak mengadakan beberapa latihan militer setiap tahun di Laut Baltik dan Laut Hitam. NATO juga memperluas ekspansinya ke arah Timur yang berbatasan dengan Rusia. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *