Pejabat Rusia Tuding AS Merusak Sistem Keamanan Global

Ketua Duma Negara Rusia, Vyacheslav Volodin mengatakan Amerika Serikat harus mendukung proposal yang diusulkan oleh Rusia tentang jaminan keamanan.

“Penurunan ketegangan global saat ini tergantung pada tindakan Washington,” tulis Volodin di saluran Telegramnya pada Rabu (12/1/2022) seperti dilansir kantor berita TASS.

Dia menuturkan bahwa AS harus mendukung proposal yang diusulkan oleh Rusia atau memikul tanggung jawab jika menolaknya. Jawaban Washington harus spesifik dan dibuktikan, tanpa memperpanjang prosesnya.

Pejabat Rusia ini mencatat bahwa sebelumnya, AS secara sepihak menarik diri dari perjanjian internasional paling penting yang memungkinkan untuk menjaga keseimbangan militer dan strategis di dunia.

Menurutnya, Amerika saat ini seperti gajah di toko porselen dan menghancurkan sistem keamanan internasional yang dibangun secara menyeluruh dari waktu ke waktu untuk menghindari terulangnya Perang Dunia Kedua.

Ketua Duma Rusia ini menyatakan bahwa AS, yang melangkahi PBB, membuat keputusan untuk mengebom negara-negara berdaulat dan menginvasi wilayah negara lain.

Pada 17 Desember 2021, Kementerian Luar Negeri Rusia menerbitkan draf perjanjian antara Rusia dan AS tentang jaminan keamanan dan langkah-langkah untuk memastikan keamanan Rusia dan negara-negara anggota NATO.

Rusia meminta jaminan hukum bahwa NATO tidak akan memperluas ekspansinya ke Timur dan tidak menerima keanggotaan Ukraina.

Pemerintah AS tidak menyetujui satu pun dari usulan itu. Namun, para pejabat Washington mengatakan pemerintahan Biden bersedia berdialog dengan Rusia mengenai beberapa kekhawatiran yang disampaikan oleh Presiden Vladimir Putin. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.