Mobil Hybrid Menangkan Etape 10 Reli Dakar 2022, Stephane Peterhansel Buktikan Keandalan Kendaraan Listrik

Suara.com – Stephane Peterhansel, jawara reli yang dijuluki Mr Dakar, menang terakhir di Reli Dakar di nomor roda empat. Atau tiga dekade setelah kemenangan perdana yang dicapainya bersama tunggangan roda dua di 1991.

Dikutip dari kantor berita Antara, Stephane Peterhansel menjadi satu-satunya pereli yang pernah memenangi reli di Afrika, Amerika Selatan, dan Asia. Dengan kemenangan di Reli Dakar sebanyak 14 kali.

Kekinian di Reli Dakar 2022 yang berlangsung 1-14 Januari, langkah Stephane Peterhansel sempat tertinggal dari kontestan lain. Penyebabnya, Audi e-tron, mobil listrik andalannya mengalami kecelakaan.

Ekspresi pereli Prancis, Stephane Peterhansel, tim Audi, setelah kecelakaan di Etape 1B Reli Dakar 2022 di sekitar kota Hail, Saudi (2/1/2022) [AFP/Franck Fife]
Ekspresi pereli Prancis, Stephane Peterhansel, tim Audi saat kecelakaan di Etape 1B Reli Dakar 2022 di sekitar kota Hail, Saudi (2/1/2022) [AFP/Franck Fife]

Akan tetapi kegigihannya telah membawa pereli veteran asal Jerman itu bisa merebut etape 10. Tentu saja, ia bangga. Apalagi tunggangannya adalah mobil listrik kategori hybrid.

Baca Juga: Terjadi Ledakan Hingga Lantai Mobil Koyak, Reli Dakar 2022 Mendapatkan Ancaman Terorisme?

“Saya bukan pemburu etape, namun kekinian setiap driver Audi telah memenangi etape, dan ini hasil fantastis,” ungkap Stephane Peterhansel.

“Ketika Carlos (Sainz) menjadi pereli pertama yang memenangi etape Dakar dengan mobil elektrik, itu adalah suatu pencapaian, sekarang kami mengonfirmasi performa itu.,’ imbuhnya berbahagia.

Dan Carlos Sainz Sr., menambah selebrasi Audi dengan finish sebagai runner-up hari ini.

“Ini menjadi dukungan moral yang baik, terlebih karena kami mengawali reli dengan start yang rumit,” tambah Stephane Peterhansel.

“Kami harus menang pada 2023. Kegagalan bukanlah pilihan,” tandasnya.

Baca Juga: Berlaga di Reli Dakar 2022, Stephane Peterhansel Andalkan Mobil Hybrid

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *