Cara Cek SIM Asli Atau Palsu: Perhatikan 5 Ciri-cirinya Biar Tak Tertipu

Suara.com – Suara.com – Setiap pemilik kendaraan di atas 17 tahun wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Namun, sekarang ini banyak beredar SIM palsu. Lantas, bagaimana cara cek SIM asli atau palsu? Berikut ini penjelasannya.

Melansir dari situs resmi Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia), SIM merupakan bukti registrasi serta identifikasi dari polisi yang diberikan pada seseorang yang memenuhi syarat administrasi, sehat jasmani maupun rohani, serta memahami aturan lalu lintas dan terampil dalam mengemudikan kendaraan.

Namun, di luar sana masih banyak ditemukan SIM palsu. Lantas, bagaimana cara cek SIM asli atau palsu?

Begini Cara Cek SIM Asli atau Palsu

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Serang, Rabu 12 Januari 2022

Untuk mengetahui apakah SIM yang Anda miliki asli atau palsu, Anda bisa mengeceknya dari smartphone menggunakan fitur NFC. Melansir dari berbagai sumber, adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Smart SIM
  2. Tempel SIM ke smartphone

Aplikasi ini membantu Anda untuk tahu apakah SIM Anda terdaftar atau tidak selain itu, aplikasi ini juga berguna untuk mengetahui informasi data forensik pribadi, data penalty point dan catatan berkendaraan.

Ciri SIM palsu

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mengetahui SIM Anda palsu atau tidak dengan dilihat dari ciri-cirinya. Adapun ciri-cirinya yaitu sebagai berikut:

1. Logo Polri tidak dapat memantulkan cahaya

Baca Juga: Cara Membuat SIM C: Berikut Syarat dan Langkah-Langkahnya

SIM asli memiliki logo Polri yang warnanya keemasan dan dapat memantulkan cahaya. Sedangkan pada SIM palsu, logonya tidak dapat memantulkan cahaya.

2. Tulisan ‘Kepolisian Negara Republik Indonesia’ pudar

SIM palsu juga memiliki ciri adanya tulisan ‘Kepolisian Negara Republik Indonesia’ yang cenderung pudar. Petugas kepolisian pun bisa langsung mengetahui itu palsu saat ada razia.

3. Latar foto

Pada SIM palsu tidak terdapat lambang Polri pada latar foto. Sedangkan pada SIM asli, terdapat lambang polri pada latar foto. Coba cek, apakah SIM Anda memiliki lambang Polri pada latar fotonya.

4. Nomor SIM

Ciri berikutnya untuk mengetahui apakah SIM Anda asli atau palsu yaitu dengan melihat nomor SIM. Umumnya, nomor SIM asli terdata di database kepolisian. Jika nomor SIM Anda tidak terdaftar, bisa dipastikan SIM Anda palsu.

5. Barcode tidak teregistrasi

Sama seperti SIM asli, SIM palsu juga mempunyai barcode. Namun, barcode yang terdapat dalam SIM palsu tidak teregistrasi dan tidak terdaftar dalam database Polri.

Demikian informasi mengenai cara cek SIM asli atau palsu yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.