10 Orang Termasuk Bocah Perempuan Tewas dalam Banjir di Brasil

Minas Gerais: Hujan deras di negara bagian Minas Gerais, Brasil, telah menewaskan 10 orang dalam dua hari terakhir, menurut sebuah laporan resmi pada Selasa, 11 Januari. Salah satu korban adalah bocah perempuan berusia 11 tahun yang meninggal akibat banjir dan longsor yang dipicu hujan deras.
 
“Januari merupakan bulan sulit bagi Minas Gerais karena kuantitas dan konsentrasi hujannya begitu intens dalam waktu singkat,” kata Wakil Gubernur Paulo Brant, dalam sebuah pesan video yang diunggah ke Instagram.
 
“Kami tidak akan mengutuk hujan atau menyalahkan cuaca. Ini terjadi karena kesalahan-kesalahan di masa lalu, seperti perluasan kota tanpa perencanaan matang, dan juga sedimentasi serta polusi di banyak sungai,” sambungnya, dilansir dari TRT World, Rabu, 12 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sejak hujan deras mulai turun di Minas Gerais pada awal Oktober 2021, setidaknya 19 orang dikabarkan tewas akibat terkena imbas cuaca buruk. Sepuluh orang juga tewas tertimpa reruntuhan tebing di Danau Furnas pada Sabtu kemarin. Runtuhnya tebing diduga terjadi karena area danau terus diguyur hujan deras.
 
Baca:  Korban Tewas Tebing Runtuh di Brasil Jadi 10 Orang, Puluhan Terluka
 
Data terkini menunjukkan bahwa 17.237 warga Minas Gerais telah meninggalkan rumah mereka atau mencari tempat penampungan karena kondisi cuaca buruk.
 
Sabtu kemarin, sebuah bendungan di area tambang Minas Gerais meluap dan mengganggu arus lalu lintas di sebuah ruas jalan utama selama dua hari. Tiga hari setelahnya, grup asal Prancis bernama Vallourec dikenai denda sekitar USD60 juta atas “kerusakan lingkungan.”
 
Di Juatuba, kota berpenduduk 26 ribu jiwa yang berlokasi sekitar 50 kilometer dari Belo Horizonte, rumah milik Daniel Valeriano de Oliveira terendam banjir pada Minggu pagi.
 
“Kami kehilangan segalanya. Istri dan anak saya telah meninggalkan rumah dengan sebuah perahu,” ucapnya kepada kantor berita AFP.
 
Badan Pertahanan Sipil mengingatkan bahwa kondisi di Minas Gerais dapat meliputi “hujan intensitas sedang hingga deras yang mungkin disertai sambaran petir.”
 
Selama dua bulan, Brasil dilanda kerusakan masif akibat banjir, yang telah menewaskan puluhan orang dan membuat ribuan lainnya telantar. Sebagian besar kematian dan kerusakan terjadi di negara bagian Bahia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *