Video Viral, Lelaki Bertahan di Tengah Banjir Bandang Jember Andalkan Seatbelt Mobil

Suara.com – Pada Minggu (9/1/2022) sore, terjadi banjir bandang yang menimpa kawasan Perumahan Bumi Mangli Permai di Kelurahan Mangli, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sebuah video viral memperlihatkan ada seorang lelaki yang seolah tengah berenang hendak menggapai mobilnya yang terbawa arus luapan air.

Dikutip dari kantor berita Antara, padahal sejatinya bukan demikian kondisinya. Oky Octavianus, sosok di tayangan video itu justru tengah menyelamatkan diri agar tidak terbawa banjir bandang, setelah ia berpegangan pada seatbelt atau sabuk pengaman di bagian belakang mobil, lalu keluar dari pintu bagasi.

Oky Octavianus adalah warga Perumahan Mangli Residence yang hendak melihat kondisi rumah orang tuanya yang berada di Perumahan Bumi Mangli Permai karena mendapat kabar bahwa terjadi banjir bandang di wilayah setempat.

Banjir bandang di Jember Jawa Timur [Foto: ANTARA]
Banjir bandang di Jember Jawa Timur [Foto: ANTARA]

Saat ditemui di rumah orang tuanya di Perumahan Bumi Mangli Permai Blok FA-15 pada Senin (10/1/2022), Oky menceritakan bahwa ia mendengar kabar tentang banjir bandang yang menerjang kawasan Mangli. Situasi ini menggerakkannya seulang kantor langsung menuju rumah orang tuanya untuk tindakan penyelamatan.

Baca Juga: Lahirkan Sampanye Nuansa Otomotif, Bugatti Gunakan Serat Karbon untuk Botolnya

Saat hendak masuk ke kawasan perumahan, banyak kendaraan yang antre, sehingga ia putar balik mencari jalan alternatif lain menuju ke perumahan karena ketinggian air masih bisa dilalui kendaraannya.

“Saya tetap kepikiran orang tua di rumah, sehingga terus menerobos banjir yang perlahan-lahan airnya mulai naik hingga sepinggang orang dewasa dan mobil terseret arus banjir bandang ke dalam perumahan,” katanya.

Oky berusaha tetap tenang di dalam mobil sambil memikirkan cara keluar saat mobilnya hanyut terbawa banjir bandang yang cukup deras. Ia masih sempat menyelamatkan sejumlah barang berharga dan dokumen penting  di dalam mobilnya.

Ia kemudian berusaha membuka pintu mobil di samping kiri, namun tidak bisa karena tertahan derasnya banjir bandang yang cukup kuat dan mobilnya terus hanyut terbawa banjir.

Saat mobilnya terombang-ambing arus banjir bandang, Oky berusaha berpegangan pada seatbelt di bangku belakang dan mendobrak pintu bagasi mobil dan akhirnya terbuka, sehingga langsung keluar melalui pintu bagasi dan menutupnya kembali.

Baca Juga: Pertemuan Menperin RI dan METI Jepang Perkuat Kerja Sama Industri Otomotif

“Cukup lama saya berada di dalam mobil saat hanyut terbawa banjir bandang yakni sekitar 30 menit. Namun saya sempat menelpon istri untuk mengabarkan bahwa saya terjebak dalam mobil,” katanya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.