Scotch Egg, Telur Rebus Goreng yang Lumer dan Gurih

Jakarta: Telur termasuk salah satu sumber protein unggas yang paling bernutrisi. Dan untuk mengolahnya, direbus bisa menjadi salah satu pilihan. 

Ternyata menurut penelitian, telur rebus lebih banyak menghasilkan manfaat. Apa saja manfaat telur rebus yang bisa kamu dapatkan?

Telur rebus jika dimakan di pagi hari bisa menjaga tulang lebih kuat. Makan telur rebus lainnya bisa menyehatkan indra penglihatan. Bagus juga untuk menjaga kesehatan otak karena mengandung kolin. Telur rebus juga bagus apalagi mereka yang aktif berkegiatan di luar rumah.

Tapi, ENDEUSiast agar si kecil tidak bosan, kamu boleh kok berkreasi dengan menu olahan telur rebus. Scotch Egg, resep dari Endeus TV, misalnya. 

Sajian klasik dari Inggris ini juga berbahan dasar telur rebus. Yang bikin lebih sedap, telur ini dilapisi dengan campuran daging ayam atau sapi cincang berbumbu gurih. Lapisan kulit yang renyah, dengan bagian dalam telur yang lembut dan lumer di mulut.

Oh iya, selain telur ayam, scotch egg juga bisa diisi dengan telur puyuh. Menjadi versi mini yang cocok untuk menu si kecil. Enggak perlu tunggu lama-lama, yuk kita coba!
 

Bahan scotch egg:

4 butir telur
air untuk merebus
1 sdt garam
150 gr daging ayam cincang halus
½ sdt jahe parut
1 batang daun bawang, iris halus 
½ sdt garam
½ sdt merica bubuk
½ sdt mustard
2 sdm tepung terigu
1 butir telur, kocok
4 sdm tepung roti halus
Minyak goreng secukupnya
 

Cara membuat scotch egg:

1. Rebus telur dalam air mendidih, tambahkan garam, masak selama 10 menit. Angkat, rendam dalam air es, sisihkan
2. Dalam wadah, campur ayam cincang, jahe, daun bawang, garam, merica dan mustard dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian
3. Kupas telur, gulingkan dalam tepung terigu hingga rata. Ambil satu bagian adonan ayam, ratakan. Taruh telur di tengahnya, bulatkan hingga adonan ayam rata menyelimuti telur. Lakukan hingga bahan habis
4. Celupkan bulatan telur ke dalam telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti hingga rata, tepiskan kelebihan tepung roti
5. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng bulatan telur hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Sajikan

Tips: Selain telur ayam, scotch egg juga bisa diisi dengan telur puyuh. Menjadi versi mini yang cocok untuk menu si kecil.

(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *