Kemenkeu Libatkan Peran Bank Syariah sebagai Pelaksana APBN dan Pemanfaatan Dana PEN

Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung dan melibatkan peran industri perbankan syariah sebagai pelaksana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk dalam pemanfaatan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
 
“Hal ini karena potensi dan pertumbuhan ekonomi keuangan syariah di Indonesia yang semakin besar kontribusinya dalam perekonomian di tengah pandemi covid-19,” ucap Direktur Pengelola Kas Negara Kemenkeu Noor Faisal Achmad dalam Grand Launching BSI, Selasa, 11 Januari 2022.
 
Noor mengungkapkan, dukungan tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah sebagai salah satu pilar perekonomian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu bentuk dukungan tersebut yakni dengan menggandeng PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk menjadi salah satu bank penyalur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), bank persepsi, dan mitra pengelola rekening khusus Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).
 
“Kemitraan dalam pelaksanaan APBN ini telah terjalin dengan baik sejak 2019, tentunya dengan BNI Syariah, BRI Syariah, dan juga dengan Bank Syariah Mandiri sebelum merger menjadi BSI,” paparnya.
 
Noor menjelaskan, capaian penerimaan negara yang diterima BSI sebelum merger menunjukkan peningkatan setiap tahun, baik dari sisi jumlah transaksinya maupun dari sisi jumlah nominalnya. Meskipun ia mengakui capaian penerimaan negara melalui BSI masih perlu ditingkatkan kedepannya.
 
Karena itu, ia berharap agar BSI mampu meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak dan Wajib Bayar melalui penyempurnaan sistem dan perluasan kanal layanan pembayaran digital yang diharapkan bisa semakin memudahkan, mempercepat layanan, meningkatkan kepraktisan, hingga terjamin keamanannya.
 
“Digitalisasi pembayaran akan memberikan fasilitas Wajib Pajak dan Wajib Bayar dapat menyetor penerimaan negara kapan saja dan dimanapun. Kemudahan dan kecepatan layanan ini akan mempercepat penerimaan negara dapat diterima kas negara untuk membiayai APBN,” tutup Noor.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.