Iran Produksi Kit Deteksi Cepat Varian Omicron

Direktur perusahaan berbasis ilmu pengetahuan Iran, Salamat Elektronik Barkat mengatakan, Iran menjadi satu dari tiga negara dunia yang berhasil memproduksi kit deteksi cepat virus Corona varian Omicron.

Dr. Sajjad Moraveji, Selasa (11/1/2022) menuturkan, kit-kit tersebut didesain untuk mendeteksi cepat varian baru virus Corona, dan di masa depan bisa digunakan untuk mendeteksi varian-varian Corona lain jika mengalami penyebaran.

Ia menambahkan, deteksi varian baru virus Corona dengan kit ini hanya membutuhkan waktu 15 menit. Kit ini setelah menjalani tes, akan mendapatkan barcode, kode nasional pasien, kode nasional sampel, tanggal dan lokasi pengambilan sampel, secara digital, dan setelah itu pelacakan orang-orang yang pernah kontak dengan pasien akan dilakukan.

Direktur perusahaan Salamat Elektronik Barkat menjelaskan, kit deteksi cepat Omicron dibuat oleh para ilmuwan Iran, dan akan dipasarkan di dalam negeri.

“Kit ini memiliki 92 persen akurasi, dan 98 persen sensitivitas yang menunjukkan keakuratan sangat tinggi, dan kapasitas produksi harian kit ini sekitar 200.000 unit. Jika diperlukan, Iran bisa meningkatkan kapasitas ini,” pungkasnya. (HS)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *