Atasi Balap Liar, Simak Kejuaraan Drag Bike Gagasan Polda Metro Jaya Ini

Suara.com – Polda Metro Jaya berencana mengatur skema balapan guna mencegah pebalap melakukan aksi balap liar alias bali.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi ajang balap rutin setiap dua atau tiga bulan sekali. Dengan ajang ini diharapkan tidak ada lagi aksi balap liar di Ibu Kota.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya akan meminimalkan adanya taruhan dalam ajang balapan yang diinisiasi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran itu. Caranya dengan menyiapkan hadiah dari sponsor.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berencana menggelar ajang balap resmi bagi anak muda yang biasa melakukan aksi balap liar. (Suara.com/Yasir)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berencana menggelar ajang balap resmi bagi anak muda yang biasa melakukan aksi balap liar. (Suara.com/Yasir)

Adapun jenis kejuaraan yang disajikan adalah drag bike. Atau adu cepat di trek lurus sepanjang 800 m di Jalan Inspeksi Kali Ancol. Lintasan lurus sepanjang 500 m untuk balapan, dan 300 m untuk jarak pengereman.

Baca Juga: Video Viral, Lelaki Bertahan di Tengah Banjir Bandang Jember Andalkan Seatbelt Mobil

Kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan para pebalap profesional yang sanggup bersaing dalam acara berskala nasional maupun internasional, bahkan sekelas MotoGP.

Pendaftaran balapan yang digelar pada 15 Januari 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara dibuka dengan kuota hingga 350 pebalap. Siapa saja yang ingin berpartisipasi bisa mendaftar melalui laman www.loket.com.

Untuk bertarung, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pembalap dan bisa dilihat lengkapnya di link pendaftaran daring di loket.com. Salah satunya untuk peserta di bawah usia 17 tahun harus mendapat izin orangtua.

Rencananya balapan akan dibagi ke dalam tujuh kelas, mulai Vespa, motor bebek dua tak, sampai empat tak.

Pihak Kepolisian kekinian masih berkomunikasi dengan komunitas balap liar untuk menentukan kelas yang akan digelar nantinya.

Baca Juga: Penjualan Mobil Hybrid Meningkat Pesat di Tengah Isu Mobil Listrik

“Macam-macam (kelas). Ada sport dua tak, motor bebek dua tak, bebek empat tak, kelas vespa. Itu opini dari komunitas,” jelas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Pihaknya masih merapikan lintasan dengan total sepanjang 800 m di kawasan Ancol yang akan digunakan sebagai sirkuit balapan. Selain itu, pihaknya juga tengah mengatur lokasi untuk para penonton yang menyaksikan balapan ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *