6 Tanda Anak dengan Kemampuan Otak Luar Biasa

Jakarta: Setiap anak itu spesial. Semua orang tua ingin percaya bahwa anak-anak mereka istimewa dan unik, dan memang begitu! Tetapi beberapa anak ditakdirkan untuk menjadi pemikir hebat. Tapi, bagaimana kita bisa tahu kalau si kecil lebih dari sekadar pintar?

Faktanya, banyak pendidik mencari tanda-tanda kecerdasan luar biasa lainnya yang tidak dapat diukur dengan tes atau ujian untuk mengetahui apakah mereka memiliki anak-anak jenius. 

Namun, ada sejumlah tanda-tanda kecerdasan luar biasa pada anak yang bisa dikategorikan sebagai bakat genius. Dan seperti dilansir dari Reader’s Digest, sebagai orang tua atau guru, ada baiknya mengenali berbagai tanda tersebut.
 

Melampaui milestone

Salah satu tanda pertama bahwa kamu mungkin membesarkan seorang jenius muncul sangat awal dalam kehidupan seorang anak. Mencapai tonggak perkembangan jauh sebelum waktunya bisa menjadi tanda bahwa anak kamu siap untuk ditantang. 

Eboni Hollier, MD, dewan bersertifikat di pediatri perkembangan dan perilaku mengatakan, “Banyak orang tua dari anak-anak berbakat mencatat bahwa mereka sering menguasai tonggak perkembangan pada usia lebih awal dari yang diharapkan.”
 

Mereka suka membaca 

Anak-anak jenius sering belajar membaca dengan cepat dan lebih awal dari anak-anak lain seusianya dan menikmati membaca untuk makna dan kesenangan. 

Kemampuan Otak Luar Biasa
(Banyak pendidik mencari tanda-tanda kecerdasan luar biasa lainnya yang tidak dapat diukur dengan tes atau ujian untuk mengetahui apakah mereka memiliki anak-anak jenius. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Rasa ingin tahu tentang dunia 

Anak-anak cerdas tertarik pada dunia di sekitar mereka, tetapi para genius sejati memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan untuk mencari tahu tentang hal-hal kecil tentang bagaimana segala sesuatunya bekerja. Anak-anak berbakat mungkin menguji kesabaran orang tua mereka dengan serangkaian pertanyaan yang tak ada habisnya. 
 

Pengenalan pola awal 

Anak-anak jenius akan mulai mengenali pengulangan pada usia dini, tetapi bukan hanya pola warna atau bentuk sederhana yang menarik perhatian mereka. 

“Anak-anak berbakat memerhatikan segalanya, mulai dari bus mana yang melewati rumah setelah waktu sarapan hingga berapa banyak batu bata yang bisa masuk ke dalam bagasi mainan. Mereka sangat pandai mengamati dan mengingat informasi penting,” ujar Niranjan Reddy, PhD, dari SuperBaby.
 

Fokus dan tekad 

Anak berbakat memiliki ketekunan untuk bertahan dengan tugas atau kebiasaan sampai mereka menguasainya. Sunny Verma, pendiri dan CEO Tutorbright mengatakan, “Anak-anak berbakat biasanya memiliki rasa fokus yang luar biasa. Ketika diberi tugas, mereka cenderung mengerjakannya tanpa gangguan sampai selesai.” 
 

Mereka asli 

Penanda umum untuk mengenali seorang anak mungkin luar biasa adalah bahwa mereka tidak hanya memahami pekerjaan tingkat lanjut oleh orang lain, tetapi mereka juga mampu menawarkan pemikiran dan wawasan mereka sendiri yang unik dan orisinal tentang masalah dan teka-teki. 

Sebuah artikel di Kreativitas Post menemukan bahwa para genius selalu mencari cara baru untuk mendekati masalah atau melihat dunia.
(TIN)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.