PLTN Bushehr Iran Kembali Masuki Jaringan Produksi Listrik Nasional

Juru bicara industri listrik Iran mengumumkan masuknya pembangkit listrik tenaga nuklir PLTN) Bushehr ke dalam jaringan produksi listrik nasional negara ini, setelah beerapa waktu dihentikan.

Mostafa Rajabi Mashhadi dalam wawancara dengan IRIB News hari Minggu (9/1/2022) mengatakan, “Pembangkit listrik ini menghasilkan seribu megawatt listrik setiap jam yang dialirkan ke jaringan listrik nasional,”.

“Dengan beroperasinya pembangkit listrik ini, enam juta liter konsumsi bahan bakar fosil akan dihemat setiap hari,” ujar Mashhadi.

“Pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr dihentikan operasinya pada 28 Oktober untuk perbaikan besar dan pengisian bahan bakar, tapi kini kembali beroperasi,” tegasnya.

Sebelumnya, unit pertama dari pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr terhubung ke jaringan listrik nasional Iran pada 2011 dengan kapasitas 1.000 megawatt.

Operasional unit 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr dilakukan pada 10 November 2019.

Setelah operasional unit kedua dan ketiga dari pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr, kapasitas tenaga nuklir Iran meningkat menjadi 3.114 megawatt.(PH)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *