Menkes: Positivity Rate Tertinggi dari Kedatangan Luar Negeri

Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan positivity rate untuk kedatangan luar negeri lebih tinggi daripada tingkat penularan secara lokal. Positivity rate dari luar negeri mencapai 13 persen, jauh di atas transmisi lokal yang hanya 0,2 persen.
 
“Jadi positif kedatangan dari luar negeri 65 kali lebih tinggi dibandingkan dengan positivity rate transmisi lokal. Hal ini memperkuat hipotesis kami bahwa sebagian besar dari kasus positif yang terjadi saat ini disebabkan kedatangan luar negeri,” kata Budi dalam konferensi pers PPKM secara daring, Senin, 10 Januari 2022.
 
Kasus covid-19 untuk kedatangan luar negeri terdeteksi dari pelaku perjalanan pada beberapa negera. Yakni, Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Per hari ini, kasus konfirmasi meningkat 454 dalam 24 jam terakhir. Total kasus positif covid-19 menjadi 4,2 juta.
 
Tingkat kesembuhan juga meningkat sebanyak 244 orang. Totalnya menjadi 4,1 juta kasus.
 
Baca: 178 Hari Sejak Puncak Kasus, Luhut: Covid-19 Sangat Terkendali

Progres Vaksinasi Covid-19

Jumlah penerima dosis pertama vaksin covid-19 sudah mencapai 170 juta orang dan 116 juta orang menerima dosis kedua.
 
Penerima dosis ketiga meningkat 598 orang. Total menjadi 1,3 juta orang.
 
Menkes mengatakan hampir semua provinsi capaian vaksinasinya mencapai 70 persen. Tinggal lima provinsi lagi yang belum mencapai 70 persen untuk dosis pertama. Kelima provinsi itu, yakni Sumatra Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.
 
“Stok vaksin yang ada dipegang pemerintah sekarang ada 446 juta total. Jadi kalau sudah disuntikkan 288 juta, masih ada lebih dari 150 juta dosis,” ungkap dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.