Lintasan Sejarah 10 Januari 2022

Hari ini Senin, 10 Januari 2022 bertepatan dengan 7 Jumadil Tsani 1443 Hijriah atau menurut kalender nasional Iran tanggal 20 Dey 1400 Hijriah Syamsiah. Berikut kami hadirkan beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi hari ini.

Ainul Qudhaat Hamedani Gugur Syahid

918 tahun yang lalu, tanggal 7 Jumadil Tsani 525 HQ, Ainul Qudhaat Hamedani, seorang ulama besar asal Hamedan Iran, digantung oleh rezim yang berkuasa saat itu, sehingga gugur syahid.

Ainul Qudhaat Hamedani yang dikenal pula dengan julukan Abul Fudhail, dilahirkan pada tahun 492 Hijriah dan sepanjang hidupnya, beliau tidak pernah ragu-ragu dalam menyampaikan kebenaran Islam. Akibat sikapnya tersebut pula, Ainul Qudhaat Hamedani ditangkap oleh pemerintah dan dipenjarakan di Bagdad, Irak.

Namun kemudian, beliau dipulangkan ke kota Hamedan dan kemudian dihukum gantung di samping madrasahnya sendiri. Ainul Qudhaat Hamedani meninggalkan beberapa karya penulisan di antaranya berjudul Tamhidaat dan Haqaiqul Quran.

Liga Bangsa-Bangsa Berdiri

102 tahun yang lalu, tanggal 10 Januari 1920, Liga Bangsa-Bangsa secara resmi memulai aktivitasnya.

Image Caption

Liga Bangsa-Bangsa dibentuk setelah Perang Dunia Pertama dengan tujuan untuk mewadahi kepentingan bangsa-bangsa dan menjaga perdamaian dunia. Pendirian lembaga ini diprakarsai oleh Presiden AS waktu itu Woodrow  Wilson, dalam perjanjian damai di Versailes. Namun, AS sendiri tidak bergabung dalam Liga Bangsa-Bangsa.

Pada awalnya, Afrika dan Uni Soviet juga tidak bergabung ke dalam organisasi ini. Prancis dan Inggris pun hanya bertindak sebagai pendukung, bukan anggota.Ketiadaan jaminan akan terlaksananya keputusan yang dihasilkan Liga Bangsa-Bangsa merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh organisasi ini. Bahkan, kekuatan-kekuatan besar saat itu, seperti Italia dan Jerman menganggap enteng organisasi ini.

Berbagai konflik menjelang Perang Dunia Kedua dan kekecewaan sebagian negara-negara anggota membuat organisasi ini akhirnya bubar begitu saja.

Pada tahun 1946, pasca Perang Dunia II, berdirilah PBB yang menggantikan fungsi Liga Bangsa-Bangsa.

Ayatullah Mohammad Khamenei Selamat dari Teror

40 tahun yang lalu, tanggal 20 Dey 1360 HS, Ayatullah Mohammad Khamenei selamat dari teror kelompok Munafikin (MKO)

Pasca kemenangan Revolusi Islam Iran, dimulailah aksi-aksi teror di dalam negeri untuk membunuh tokoh-tokoh revolusioner berpengaruh. Kelompok-kelompok penentang Revolusi Islam Iran berusaha mencari kesempatan untuk meneror tokoh-tokoh.

Tahun 1360 Hs merupakan tahun-tahun dimana banyak tokoh-tokoh revolusi yang diteror. Salah aksi teror yang dilakukan oleh kelompok teroris Munafikin (MKO) pada waktu itu adalah menarget Hujjatul Islam wal Muslimin Sayid Mohammad Khamenei, saudara Ayatullah Sayid Ali Khamenei.

Pada tanggal 20 Dey 1360 HS, sebagai wakil warga Mashad di parlemen, Sayid Mohammad Khamenei berangkat ke kantor dan menjadi sasaran aksi teror. Dalam peristiwa itu, akibat peluru yang ditembakkan oleh para penyerang, Sayid Mohammad Khamenei terluka di tangan, sementara dua pengawalnya tewas di tempat.

Melihat kedua pengawalnya tewas, Sayid Mohammad Khamenei segera turun dari kendaraan dan menembak para penyerangnya yang berada di dalam mobil, sehingga mereka segera meninggalkan tempat itu. Setelah kejadian itu Sayid Mohammad Khamenei segera dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan di sana.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.