DJKI Kemenkumham paparkan program unggulan 2022

Jakarta (ANTARA) – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memaparkan sejumlah program kerja unggulan 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal DJKI Kemenkumham Razilu di Jakarta, Senin, mengatakan pada 2022 terdapat empat poin utama program unggulan DJKI.

Pertama, peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Pada bagian ini terdapat tiga poin turunan, yakni seminar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang akan diadakan di DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, kata Razilu, DJKI akan aktif belajar dan mengajar serta melakukan sertifikasi ahli penyuluh anti korupsi.

Baca juga: DJKI Kemenkumham raih dua penghargaan Top Digital Awards 2021

Program unggulan kedua, yaitu transformasi kualitas pelayanan publik yang berintegritas. Dalam hal ini terdapat empat poin turunan yaitu sertifikasi ISO 37001:2016 sistem manajemen anti penyuapan (SMAP), ISO 9001:2015 sertifikasi manajemen mutu (SMM), Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Kekayaan Intelektual (POP HKI) dan audit serta peningkatan sistem teknologi informasi.

Tidak hanya itu, pada 2022 DJKI Kemenkumham juga akan fokus pada program unggulan menjadikan kekayaan intelektual sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional, serta mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan pengembangan budaya.

Razilu mengatakan untuk menjalankan program di sektor tersebut, salah satunya DJKI akan melakukan sejumlah upaya di antaranya peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berkeadilan.

Baca juga: Kemenkumham upayakan pencatatan hak cipta selesai dalam hitungan menit

Terakhir, ujar dia, DJKI memiliki program unggulan kinerja pada aspek sinergi dan kolaborasi antarunit dengan unit layanan pengadaan dan percepatan pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, juga terdapat program unggulan yang langsung terkait dengan Kantor Wilayah Kemenkumham di daerah. Di antaranya proyek percontohan IP Clinic dan Mobile IP Clinic.

“Para pengampu tugas bidang kekayaan intelektual agar berkoordinasi dengan DJKI terkait kreativitas postur dan anggaran,” ujarnya.

Baca juga: Kemenkumham menekankan pentingnya bangun SDM di bidang paten

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *