Auto Lock Mobil Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Suara.com – Jika sistem mengunci pintu atau auto lock tidak bekerja secara otomatis, termasuk ketika menggunakan remote kunci mobil, maka pertanda terjadi masalah. Padahal, penggunaan auto lock termasuk tips amankan kabin. Artinya dengan mengunci mobil secara otomatis atau maka keamanan mobil bisa dimaksimalkan.

Penyebab paling umum auto lock gagal beroperasi bisa diawali saat ada penumpang yang ingin keluar dari kendaraan. Biasanya pengemudi membuka kunci secara manual dari pintu di sampingnya.

Dengan begitu semua kunci pintu akan terbuka. Namun karena fungsi otomatis dan manual saling berkesinambungan melalui seling kawat, maka bisa terjadi masalah karena kebiasaan ini.

Kaca mobil yang terkena air hujan (Shutterstock)
Lokasi auto lock  di pntu pengemudi (Shutterstock)

Fungsi otomatis menjadi terpaksa mendorong seling kawat ke motor central lock pintu. Padahal motor tidak bergerak.

Baca Juga: Mesti Tinggalkan Mobil di Garasi dalam Waktu Lama, Jaga Keawetannya dengan Tips Ini

Jika dilakukan secara terus menerus, maka seiring berjalannya waktu, kawat seling menjadi jenuh hingga bisa patah, layaknya kawat yang dibengkokkan berulang-ulang.

Selain itu ada penyebab lainnya yang bisa terjadi. Yaitu, pertama motor penggerak yang gagal berfungsi karena kabel putus atau as motor kotor. Kedua, sistem komputer terjadi error.

Sebuah remote mobil atau keycar [Envato Elements/Pressmaster].
Sebuah remote mobil atau keycar [Envato Elements/Pressmaster].

Nah, bagaimana cara mengatasi auto lock yang tidak dapat berfungsi, berikut solusinya seperti dikutip dari Auto2000 :

Periksa Kawat Penghubung

Buka doortrim pintu yang fungsi auto lock-nya tidak berfungsi. Kemudian periksa bagian kawat penghubung motor penggerak dan juga tuas penutup pintu.

Baca Juga: Tips Rawat Fitur Keyless Sepeda Motor Matik, Jangan Dekatkan Peranti Elektronik

Temukan Letak Kawat Putus

Kalau masalahnya adalah kawat putus, cobalah diganti dengan yang baru. Proses penggantian ini bisa dilakukan sendiri. Untuk mencari jenis yang pas, bawa saja kawat putus tersebut ke toko peralatan mobil.

Kawat Putus di Ujung, Lakukan Ini

Kalau penyebabnya dikarenakan ujung kawat putus, Anda mengulur sedikit sisi lainnya supaya yang putus bisa kembali diikatkan ke baut.

Itulah beberapa solusi auto lock mobil tidak berfungsi. Dengan keberadaannya yang sangat penting di dalam mobil dan diharapkan terus berfungsi secara maksimal.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *