Yaman Terbitkan Foto-foto Muatan Kapal Kargo UEA

Militer Yaman menerbitkan foto-foto muatan kapal kargo Uni Emirat Arab (UEA) yang disita di perairan negara itu.

Dikutip dari laman Farsnews, militer Yaman pada Sabtu (8/1/2022) sore menerbitkan foto-foto yang menunjukkan bahwa kapal Rawabi UEA membawa senjata dan peralatan militer.

Koalisi pimpinan Arab Saudi sebelum ini mengklaim kapal UEA yang disita oleh pasukan Yaman membawa peralatan non-militer dan kesehatan. Namun, langkah militer Yaman memamerkan muatan kapal Rawabi telah menyingkap kebohongan koalisi Saudi.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan pada 3 Januari lalu bahwa pihaknya menerima laporan tentang serangan terhadap sebuah kapal di dekat pelabuhan Ras Isa, Yaman.


Televisi al-Arabiya kemudian mengklaim bahwa Gerakan Ansarullah Yaman telah menyita sebuah kapal kargo berbendera UEA di dekat pantai Provinsi al-Hudaydah.

Para pejabat Riyadh mengklaim bahwa kapal tersebut mengangkut peralatan medis untuk sebuah rumah sakit Arab Saudi di Pulau Socotra.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree dalam sebuah siaran pers mengatakan, sebuah kapal kargo militer UEA, yang membawa peralatan militer, telah disita.

Militer Yaman menyatakan pada Sabtu sore bahwa koalisi Saudi mengangkut kendaraan lapis baja menggunakan kapal tersebut pada 4 November 2021. Kapal itu juga membawa persenjataan dan perahu tempur ke Yaman Selatan pada 21 November 2021. (RM)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *