Sanksi atas Rusia Bisa Menciptakan Bencana bagi Ekonomi AS

Laporan dan analisa dua Departemen di Amerika Serikat menunjukkan bahwa Washington menyadari sanksi terhadap Rusia dapat berbalik menciptakan bencana bagi perekonomian negara ini.

Kantor berita Reuters, Sabtu (8/1/2022) melaporkan, pemerintah AS berulangkali mengakui bahwa setiap putaran baru sanksi atas Rusia, bisa memberikan kerugian serius pada ekonomi dunia dan ekonomi AS, akan tetapi Washington tidak punya alasan kuat untuk mundur dari langkah ini.

Beberapa pejabat pemerintah Presiden Joe Biden mengatakan, bahkan jika ada dampak destruktif bagi AS, dan sekutu-sekutu Baratnya, sanksi serius terhadap Rusia akan tetap diterapkan.

Sebelumnya Washington menuduh Rusia berencana menyerang tetangganya pada bulan Januari 2022, tapi Kremlin membantahnya dan menyebutnya sebagai kabar fiktif.

Sejumlah laporan setidaknya menyinggung analisa Departemen Keuangan dan Departemen Luar Negeri AS dalam beberapa minggu terakhir yang menunjukkan bahwa sanksi terhadap Gazprom, raksasa energi Rusia, dan Bank Sentral negara itu bukan saja bisa menjadi bencana bagi Rusia sendiri tapi bagi AS dan sekutu-sekutunya.

Menurut laporan tersebut, sanksi besar yang akan dijatuhkan AS terhadap Rusia bisa melumpuhkan perekonomian dunia, karena kemungkinan akan menyebabkan kenaikan harga gas atau merusak secara serius hubungan Eropa dan Rusia. (HS)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *