Ghezeljeh: Stabilitas di Kazakhstan sangat Penting bagi Iran

Ketua Kelompok Persahabatan Antarparlemen Iran dan Kazakhstan mengecam segala bentuk ketegangan di kawasan dan mengatakan, ketenangan dan stabilitas di Kazakhstan bagi Republik Islam Iran memiliki urgensitas khusus.

Gholamreza Nouri Ghezeljeh, Minggu (9/1/2022) menuturkan, instabiltias dan ketidakamanan di Asia Tengah dapat membuka peluang bagi kelompok-kelompok teroris untuk beraksi.

Ia menambahkan, pemerintah dan rakyat Kazakhstan harus waspada bahwa ketidakamanan dan instabilitas akan membuka kesempatan bagi kelompok Takfiri untuk bergerak.

Ghezeljeh menjelaskan, pemerintah dan rakyat Kazakhstan dalam berbagai peristiwa penting selalu bersama rakyat Iran, dan ketenangan serta stabilitas di Kazakhstan bagi Iran penting dan berharga, serta berpengaruh pada hubungan dua negara, atas dasar itu Republik Islam Iran selalu menyambut baik stabiltias di Kazakhstan.

Menurutnya, intervensi sebagian negara asing pada situasi seperti saat ini di Kazakhstan sangat tidak menguntungkan, dan rakyat serta kalangan politik Kazakhstan bersama pemerintah negara itu memiliki kemampuan untuk menyelesaikan krisis dengan cepat, sebaliknya intervensi asing justru semakin memperkeruh masalah.

Minggu lalu kerusuhan di Kazakhstan pecah setelah aksi warga yang memprotes kenaikan harga bahan bakar berujung dengan aksi kekerasan di berbagai kota negara itu. (HS)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.