General Motors produksi kendaraan berat listrik pada 2035

Jakarta (ANTARA) – CEO General Motors Mary Barra telah mengumumkan bahwa perusahaan akan memproduksi truk tugas berat (heavy duty/HD) serba listrik pada tahun 2035, sekitar waktu yang sama ketika dia memiliki rencana untuk membawa kendaraan tugas ringan (light-duty) baru yang seluruhnya listrik.

“Truk HD serba elektrik ini akan direkayasa untuk menghadirkan pengangkutan dan penarik tugas berat yang mudah sambil menawarkan fitur-fitur baru yang luar biasa kepada pelanggan dan jangkauan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan terberat,” kata Barra dikutip Hindustan Times, Minggu.

Baca juga: Pertama dalam 90 tahun, GM turun dari puncak penjualan mobil di AS

Garis waktu tersebut akan memberikan waktu yang cukup bagi pembuat mobil untuk menghentikan truk HD-nya yang menampilkan mesin pembakaran internal seperti yang sebelumnya telah diumumkan GM bahwa mereka akan berhenti menjual kendaraan ICE pada tahun 2040.

Dikatakan bahwa para insinyur perusahaan memiliki banyak waktu untuk mengembangkan arsitektur kendaraan listrik yang mumpuni yang akan menjalankan tugas truk HD.

Karena kendaraan listrik terus mengambil alih industri mobil, diharapkan truk pengangkut listrik dan peralatan konstruksi listrik akan segera menjadi pemandangan umum di sektor konstruksi.

Dengan peluncuran kendaraan tugas ringan Chevrolet Silverado EV, General Motors telah memulai perjalanan menuju tujuan yang telah ditetapkan.

Pembuat mobil juga telah berbagi bahwa 2024 Chevrolet Silverado EV dalam trim truk kerjanya akan menampilkan sepasang motor yang akan menghasilkan output daya 510 hp dengan torsi puncak 834 Nm.

Trim atas model ini akan menghasilkan output daya 66hp dan torsi maksimum 1.056+ Nm.

Di sisi lain, Toyota Motor telah melampaui GM untuk mengambil posisi teratas sebagai produsen mobil terlaris di Amerika Serikat untuk tahun 2021. General Motors telah menduduki peringkat nomor satu selama 90 tahun.

Toyota menjual sekitar 2.332 juta kendaraan di AS tahun lalu dibandingkan dengan GM yang menjual sekitar 2.218 juta unit tahun lalu. 

Baca juga: GM dan Pure Watercraft luncurkan perahu elektrik di CES

Baca juga: GM perkenalkan sejumlah kendaraan masa depan di CES

Baca juga: Toyota Motor puncaki penjualan mobil di AS untuk pertama kalinya

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *