Dortmund bangkit untuk menang dramatis atas Frankfurt

Jakarta (ANTARA) – Borussia Dortmund bangkit merebut kemenangan dramatis 3-2 atas Eintracht Frankfurt kendati sempat tertinggal dua gol dalam laga pekan ke-18 Liga Jerman di Stadion Deutsche Bank Park, Sabtu waktu setempat.

Frankfurt nyaman memimpin 2-0 yang disokong dua gol Rafael Borre, tetapi keunggulan itu raib begitu saja dihapuskan oleh Dortmund yang tampil beringas dan efektif dalam 20 menit terakhir.

Thorgan Hazard, Jude Bellingham dan Mahmoud Dahoud bergantian menjebol gawang tuan rumah untuk melunasi defisit dua gol dan menyulapnya menjadi kemenangan 3-2 untuk Dortmund.

Dengan kemenangan ini, Dortmund mengoptimalkan hasil buruk yang diderita pemuncak klasemen Bayern Muenchen sehari sebelumnya. Dortmund yang berada pada posisi kedua kini memiliki 37 poin dan memangkas jarak menjadi enam poin dari Bayern.

Sedangkan Frankfurt yang membuka 2022 dengan kekalahan setelah tiga kemenangan berturut-turut pada akhir 2021 tertahan pada urutan ketujuh dengan 27 poin setelah disalip Union Berlin, demikian laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Hoffenheim lanjutkan tren positif saat enam tim berbagi poin

Dortmund tampil agresif sejak awal laga dan beberapa kali mengancam gawang Frankfurt, namun tembakan Thomas Meunier dan dua percobaan Erling Haaland belum membuahkan gol.

Frankfurt justru mencuri keunggulan pada menit ke-15 ketika umpan tendangan bebas Filip Kostic diselesaikan sempurna oleh Borre untuk membobol gawang tim tamu.

Gol itu melecut semangat para pemain Frankfurt dan momentum positif mereka berlanjut setelah Borre mencetak gol keduanya pada menit ke-24 untuk menggandakan keunggulan atas Dortmund.

Lima menit berselang, Frankfurt hampir saja menciptakan lagi gol, tetapi bola tembakan Evan N’Dicka dari sepak pojok  membentur tiang gawang.

Dortmund perlahani menemukan kembali ritme permainan dan nyaris mencetak gol balasan pada akhir babak pertama jika saja bola sepakan Donyell Malen tak menghantam tiang gawang.

Frankfurt yang memasuki babak kedua dengan keadaan unggul 2-0 bermain percaya diri dengan langsung mengancam gawang Dortmund lagi pada menit ke-47 melalui Jesper Lindstrom yang memaksa Gregor Kobel melakukan penyelamatan.

Baca juga: Lumat sepuluh pemain Mainz, Leipzig kembali ke jalur kemenangan

Setelah satu jam bertanding, Dortmund meningkatkan tekanan dan akhirnya mencetak gol balasan pada menit ke-71 melalui gol Hazard yang baru enam menit merumput menggantikan Julian Brandt.

Gol ini menjadi momentum kebangkitan Dortmund, yang memaksa kiper Kevin Trapp sibuk mementahkan beberapa peluang Haaland dan Malen.

Para pemain Dortmund tak patah arang untuk memetik buah kerja keras pada menit ke-87 ketika Bellingham menanduk umpan silang Meunier untuk membuat kedudukan imbang 2-2.

Dua menit kemudian Dahoud melepaskan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti yang memperdaya Trapp dan melengkapi kebangkitan Dortmund yang berbalik menang 3-2 atas Frankfurt.

Jumat pekan depan Dortmund akan menjamu SC Freiburg di Signal Iduna Park, sedangkan dua hari kemudian Frankfurt akan bertandang ke markas FC Augsburg.

Baca juga: Gladbach sekali lagi jadi batu sandungan utama Bayern Muenchen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.