China Operasikan Layanan Minibus Listrik Swakemudi Robobus

Suara.com – WeRide, sebuah perusahaan kendaraan swakemudi atau otonom dari China mengumumkan resmi memulai layanan minibus listrik Robobus tak berawak di Guangzhou International Bio Island. Disimak sekilas dari tampilan fisik, mengingatkan pada Toyota e-Palette yang dioperasikan di Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip kantor berita Antara dari Gizmochina, berbeda dibandingkan kendaraan otonom listrik umumnya, minibus ini menghilangkan semua kontrol konvensional. Yaitu roda kemudi, pedal gas, serta pedal rem.

Menurut laporan Pandaily, dikutip Gizmochina, Minggu (9/1/2022), WeRide memperkenalkan layanan baru setelah dua tahun sukses mengoperasikan layanan komersial Robotaxi yang pertama di China. Juga dioperasikan di Guangzhou International Bio Island.

Toyota e-Palette memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019 [Toyota.co.jp]
Toyota e-Palette memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019 dan resmi digunakan dalam Olimpieade Tokyo 2020 (berlangsung 2021) [Toyota.co.jp]

Robobus adalah kendaraan tenaga listrik murni, dengan top speed 40 km per jam. Sebagai kendaraan swakemudi, aman aman dan stabil dioperasikan di berbagai lokasi.

Baca Juga: CES 2022: Intel Tampil Bersama Mobileye, Lakukan Inovasi di Sektor Mobil Swakemudi

Seperti jalan perkotaan, jalan bebas hambatan, dan terowongan pada jam-jam sibuk, maupun dalam kondisi cuaca buruk.

Setelah penelitian dan penyelidikan menyeluruh tentang lalu lintas harian di Pulau Bio Internasional Guangzhou, Robobus telah membuka dua rute operasi pada tahap pertama dan selanjutnya akan menawarkan layanan di seluruh pulau.

Robobus beroperasi tujuh hari seminggu, Senin hingga Jumat dari pukul 8.00 hingga 22.00 waktu setempat sedangkan pada Sabtu dan Minggu bus beroperasi dari pukul 9.00 hingga 18.00.

Penumpang dapat melihat lokasi real-time dan status berjalan kendaraan di aplikasi “WeRide Go”.

Untuk tahap operasional, Robobus dilengkapi relawan yang membantu penumpang pertama kali dalam memahami dan membiasakan diri dengan cara kerja kendaraan otonom.

Baca Juga: Sistem Operasi Toyota untuk Mobil Cerdas Akan Segera Meluncur

Sementara pusat dukungan WeRide akan memantau kendaraan secara real-time. Bus juga memiliki tombol rem yang terletak di dalam untuk menangani situasi darurat.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *