Tanpa Barang Bukti, Penangkapan Naufal Samudra Dinilai Salah Prosedur

Jakarta: Polisi tak menahan artis Naufal Samudra setelah ditangkap terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Penyidik tak menemukan barang bukti narkoba.
 
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menyebut penangkapan Naufal menyalahi prosedur. Penangkapan mesti berdasarkan dua alat bukti yang cukup.
 
“Setiap melakukan penangkapan seseorang, minimal harus memiliki bukti-bukti yang cukup. Misal, ada penyidik yang melakukan kesalahan, tidak benar kalau seperti itu,” kata Edi kepada Media Indonesia, Sabtu, 8 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Penyidik sempat menetapkan Naufal sebagai tersangka setelah ditangkap di rumahnya kawasan Jakarta Selatan, Jumat, 7 Januari 2022. Belakangan, Naufal dilepaskan karena polisi tak menemukan barang bukti.
 
Edi menuturkan penangkapan seseorang harus didasari bukti-bukti yang cukup. Dia mengingatkan polisi mesti profesional.
 
“Polisi harus profesional, tidak boleh lagi ada penangkapan tanpa bukti. Tanpa bukti tidak boleh. Meskipun ada yang ‘nyanyi’, tidak bisa diproses secara hukum,” ujar dia.
 
Edi mencontohkan salah satu bukti misalnya rekaman CCTV. Polisi bisa melanjutkan kasus ke proses hukum bila bukti-bukti kuat.
 
Baca: 3 Fakta Penangkapan Naufal Samudra Terkait Narkoba, Kurang Bukti Hingga Dibebaskan
 
Dia menegaskan meski penangkapan artis FTV itu berawal dari informasi seorang pengedar bernama Ridwan, namun tetap tak bisa diproses secara hukum bila tak ada bukti. “Baru ucapan saja tidak bisa, walau ada pengakuan tapi kalau tidak ada bukti ya tidak bisa proses,” tegas dia.
 
Edi menyebut terkait kesalahan ini penyidik bisa diproses hukum. Sebab, ada dugaan melanggar kode etk.
 
“Kalau ada buru-buru seperti ini penyidik bisa diproses karena ada pelanggaran kode etik dan disiplin dan kesalahan prosedur,” kata Edi.
 
Sebelumnya, polisi tak menahan artis Naufal Samudra. Naufal awalnya berstatus sebagai tersangka setelah diciduk di rumahnya.
 
Awalnya, Naufal disebut menggunakan narkoba. Namun, polisi tidak menemukan barang bukti narkoba apa pun dalam penangkapan itu.
 
“Yang bersangkutan memang sebagai pengguna, tetapi pada saat diamankan yang bersangkutan tidak sedang menggunakan dan tidak memiliki barbuk, baik yang ada di dalam tubuhnya maupun di dalam rumahnya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Sabtu, 8 Januari 2022.
 
Polisi juga telah memeriksa urine kekasih artis Dinda Kirana itu. Tes menunjukkan negatif narkoba.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *