Motif Penipuan Penyalur Tenaga Kontrak Kota Bekasi untuk Gaya Hidup Mewah

Bekasi: MAD, 44, pria yang menjadi tersangka usai menipu 12 orang untuk menjadi Tenaga Kerja Kontrak (TKK) Pemkot Bekasi menggunakan uang hasil kejahatannya untuk foya-foya. Dia diketahui mendapatkan uang sebesar Rp250 juta dari dugaan penipuan dan penggelapan dengan modus dapat memperkerjakan warga sebagai TKK Pemkot Bekasi.
 
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki, mengatakan pelaku yang merupakan wiraswasta ini diduga menipu korban masing-masing korbannya sebesar Rp20-30 juta.
 
“Setelah korban menyerahkan uang, korban tidak pernah dijadikan tenaga kerja kontrak di kantor wali kota Bekasi hingga saat ini,” kata dia di Bekasi, Sabtu 8 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pelaku, kata dia, menggunakan hasil penipuan itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta bergaya hidup mewah. 
 
“Uang hasil kejahatan banyak digunakan tersangka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bergaya hidup mewah seperti hiburan,” ujarnya.
 
Baca: Pria Ini Kantongi Rp250 Juta, Tipu Belasan Orang Janjikan Kerja di Pemkot Bekasi
 
Dia mengatakan, MAD dijerat Pasal 372 atau 378 KUHP atas perbuatan melakukan penipuan atau penggelapan dengan modus menawarkan untuk dapat bekerja di lingkungan Pemkot Bekasi.
 
“Ancaman hukumannya sanksi pidana penjara empat tahun,” kata Hengki di Mapolres Metro Bekasi Kota, Sabtu 8 Januari 2022.
 
Hengki menyampaikan, penyidik Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota juga akan menelusuri keterlibatan pihak lain dalam kasus penipuan dan penggelapan untuk bekerja di Pemkot Bekasi itu. 
 
“Penyidik masih menelusuri kemungkinan keterlibatan pihak lain dalam dugaan tindak pidana yang terjadi. Penyidik akan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi terkait kasus ini,” paparnya.
 
Lebih lanjut, Hengki mengimbau jika ada warga lain yang mengalami penipuan dan penggelapan dengan modus yang sama untuk segera melapor ke Polres Metro Bekasi Kota.
 
Polres Metro Bekasi Kota menangkap MAD, 44, tersangka kasus penipuan dengan modus calo Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemkot Bekasi dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot. Hasil penipuan MAD mencapai Rp250 juta dari 12 korbannya.
 
Hengki mengatakan MAD menjanjikan para korban menjadi pegawai honorer di lingkungan Pemkot Bekasi dan PDAM Tirta Patriot. Kemudian, dia meminta sejumlah uang dari korban-korbannya.
 
“Korban menyerahkan uang rata-rata Rp20 sampai Rp30 juta dengan total sembilan orang atau dengan total kerugian Rp250 juta. Modus operandi ini ternyata ada beberapa laporan polisi lain yang berkaitan dengan tersangka, dan ada tambahan tiga laporan polisi jadi ada 12 orang,” katanya.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *