Gedung di Tiongkok Runtuh, 16 Orang Meninggal Dunia

Jakarta: Sedikitnya 16 orang meninggal dunia ketika sebuah ledakan yang dipicu oleh dugaan kebocoran gas menyebabkan sebuah bangunan di Kota Chongqing, Tiongkok, runtuh pada Jumat, 7 Januari 2022.

“Ledakan pada pukul 12:10 siang (0410 GMT) merobohkan sebuah gedung komite lingkungan yang menampung sebuah kantin, menjebak 26 orang,” kata kantor berita Xinhua.

Pada Sabtu, 8 Januari 2022 dini hari, Xinhua menyebutkan jumlah korban meninggal menjadi 16, dengan 10 lainnya terluka, salah satunya kritis.

Video dan foto dari Xinhua menunjukkan pekerja berpakaian oranye dengan helm memanjat melalui puing-puing pada Jumat malam di bawah lampu sorot untuk mengevakuasi para korban.

Xinhua mengatakan dalam pembaruan terbarunya bahwa pada tengah malam, semua yang terperangkap telah ditarik keluar. 

“Orang-orang yang terluka menerima perawatan medis,” kata otoritas Chongqing melalui akun terverifikasi mereka di platform Weibo seperti Twitter.

Rekaman yang diposting oleh penyiar CCTV negara di media sosial menunjukkan asap dan debu mengepul dari gedung yang runtuh di distrik Wulong di pinggiran megacity barat daya.

Lokasi ledakan tampaknya berada di tengah-tengah bangunan lain dan dikelilingi oleh kerumunan warga pada Jumat pagi. “Lebih dari 150 petugas pemadam kebakaran dan penyelamat telah dikerahkan ke lokasi,” kata CCTV.
 
Alat berat dan penggalian juga telah dikirim ke tempat kejadian, sementara pPenyebab ledakan masih dalam penyelidikan. AFP PHOTO

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.